Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 208 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 260 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 226 | Komentar

Baca


Ratusan Jalan Lingkungan Tanpa PJU


Tangsel
- Sejumlah jalan lingkungan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih gelap gulita lantaran belum dilengkapi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Kondisi ini banyak dikeluhkan masyarakat lantaran ketika malam, jalan lingkungan tersebut gelap gulita dan rawan kejahatan.

Keluhan, salah satunya datang dari Ketua RT 05/RW 04 Kelurahan Sawah, Ahmad Sofyan. Menurutnya, ada tiga ruas jalan lingkungan di wilayahnya tidak dilengkapi lampu penerangan. Kondisi ini diakuinya berbahaya mengingat wilayah Ciputat merupakan salah satu wilayah rawan di Kota Tangsel.

"Untuk kondisi jalan lingkungan sih sudah bagus. Karena akhir tahun kemarin akhirnya usulan kita terealisasi juga. Sekarang, tinggal lampu penerangan yang belum ada. Ini jadi perhatian juga," katanya kepada Banten Raya, Selasa (18/7).

Ahmad Sofyan mengaku banyak mendapat masukan dari masyarakat ihwal pengadaan lampu penerangan jalan. Menurut dia, warga mengeluhkan aktivitas malam hari mereka terganggu lantaran minimnya penerangan. "Kita usulkan ke kelurahan. Mudah-mudahan terealisasi juga," jelasnya.

Terpisah, Kabid PJU pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) Kota Tangsel, Muhammad Saleh Musa meminta masyarakat bersabar terkait pengadaan lampu penerangan jalan. Pasalnya, tahun ini pihaknya menganggarkan pemasangan 2.000 titik PJU se-Tangsel.

"2.000 titik ini berdasarkan usulan masyarakat. Ini khusus untuk jalan lingkungan. Pemasangan lampu PJU di jalan lingkungan ini tidak bisa dilakukan serentak dalam satu tahun anggaran, karena jumlah jalan lingkungan yang begitu banyak," katanya.

Menurut Musa, pemasangan 2.000 PJU pada tahun anggaran 2017 ini mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dalam RPJMD, menurutnya setiap tahun anggaran wajib mengalokasikan duit untuk pemasangan 2.000 titik lampu PJU.

"Jalan kota sudah, sisanya bertahap. Kita lanjutkan di jalan lingkungan. Dari usulan sementara dan hasil pendataan, tercatat 175 ruas jalan lingkungan yang masih belum dilengkapi lampu penerangan. Ini tersebar di tujuh kecamatan," tandasnya.

Hingga awal Juli kemarin, menurutnya realisasi pemasangan baru dilakukan di 44 titik. 2.000 titik PJU jalan lingkungan ini, ditargetkan selesai secara bertahap hingga tahun anggaran 2017 ini berakhir.
"Kalau untuk pemeliharaan PJU yang bohlam lampunya mati hanya dilakukan di 1.000 titik lokasi. Seperti jalan arteri, jalan kota.? Jenis lampu yang nantinya dipasang berupa LED agar lebih hemat energi," kata Musa. (iwan)

Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir