Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 208 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 260 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 226 | Komentar

Baca


PNS Tangsel Diajari Kelola Arsip



Tangsel - Puluhan pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di lingkup Pemkot Tanegrang Selatan (Tangsel) diberi pedoman soal pengelolaan arsip dinamis berbasis tekonologi dan informasi, Senin (31/7). Ini dilakukan untuk mewujudkan pemerintah yang baik dan tertib administrasi.

Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Nasrul Fuad mengatakan perkembangan teknologi dan informasi belakangan ini terus berkembang. Hal ini, diakuinya berlaku pula di bidang kearsipan yang pengelolaannya terus mengikuti perkembangan zaman.

"Bidang kearsipan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah adalah merupakan salah satu urusan wajib yang dilimpahkan kepada pemerintah daerah. Inilah yang harus dimaksimalkan," katanya menjelaskan.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel, Yanuar menambahkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam penyelenggaraan kearsipan. Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan meningkatkan efisiensi, efektifitas,
transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan kearsipan juga mutlak harus dilakukan.

"Pengembangan sistem kearsipan berbasis teknologi informasi dan komunikasi harus dapat menjamin bahwa arsip yang autentik andal, dapat digunakan, diciptakan, dijaring serta dikelola dengan standar yang berlaku dan memenuhi ketentuan hukum serta sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga," katanya menjelaskan.

Ia menambahkan, pengelolaan arsip elektronik yang baik akan menjamin ketersediaan bukti keputusan serta kegiatan pemerintahan, menunjukan pemenuhan akuntabilitas pecinta arsip. Hal ini, diakuinya juga mendukung tugas dan fungsi melalui penciptaan arsip yang andal serta dapat digunakan, berkontribusi terhadap efisiensi dan efektivitas kegiatan serta mengurangi resiko dengan menjamin bahwa arsip yang tepat diciptakan untuk mempertahankan dan kontinuitas kegiatan.

"Pengelolaan arsip elektronik ini diperlukan adanya kesamaan, pemahaman, kesatuan tindak dan keterpaduan langkah dari seluruh lembaga pencipta arsip dan lembaga kearsipan sehingga memerlukan pengaturan khusus berupa kebijakan umum sebagai pedoman pengelolaan arsip berbasis teknolohi informasi dan komunikasi," tandasnya. (iwan)

Sekretaris Dinas Arsip Daerah Yanuar (kedua kanan) memberikan penjelasan tentang kearsipan.

Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir