Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 507 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 629 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 496 | Komentar

Baca


Air Kran Langsung Minum Bisa Hemat Jajan Siswa


KOTA TANGERANG - Sejak sebulan terakhir, ratusan murid di SMP Negeri 9 Kota Tangerang mengaku gembira dan senang karena dapat meminum langsung air dari keran di sekolah mereka. PDAM Tirta Benteng telah memasang instalasi air bersih di sekolah yang memiliki luas 4442 meter persegi tersebut.

"Seneng banget, dengan adanya keran air langsung minum ini otomatis mengurangi ongkos jajan kami. Dan kami cukup bawa gelas atau tempat minum di sekolah," ujar Hafiz (16), siswa kelas 9 yang ditemui di sekolah tersebut, Selasa (3/10).

Hafiz mengaku, selama sebulan mengonsumsi drinking water atau air langsung minum tidak memiliki keluhan apa-apa. "Rasanya sama saja kayak air minum biasa. Selama mengonsumsi kran air langsung minum ini kami para siswa di sini sehat-sehat aja. Malah yang ada kami diuntungkan karena jajan jadi hemat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 9 Kota Tangerang Widiana Rahmawati menuturkan, untuk mendapatkan instalasi drinking water pihaknya mengajukan proposal terlebih dahulu dengan disertai contoh air tanah di sekolah tersebut.

"Alhamdulilah karena air bagus dan layak digunakan, maka kurang dari satu minggu oleh pihak PDAM Tirta Benteng langsung dipasang. Kemudian kami sosialisasikan ke siswa," tutur Widi- sapaan akrab wanita berhijab ini.

Widi melanjutkan, pihaknya pun juga memperhatikan perawatan serta kebersihan keran air siap minum ini. Apalagi filtrasi selama enam bulan oleh PDAM Tirta Benteng akan diganti. "Artinya Januari harus diganti, yang jelas dengan keran air siap minum ini memudahkan siswa-siswi di sekolah kami untuk dapat mengonsumsinya.

Terlebih sangat saat tempat minum yang mereka bawa kehabisan air," imbuhnya. Berdasarkan pantauan di lokasi, keran air bersih siap minum ini sudah digunakan para murid, terutama mereka yang berolahraga siang. Para murid tampak terbiasa dengan fasilitas tersebut. Keran air khusus minum ini tidak digunakan para murid untuk kegiatan lain, seperti cuci tangan atau kumur-kumur.

Dindik Dukung Pilot Project Kran Air Siap Minum Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang mendukung penuh Program Fasilitas air bersih siap minum (Drinking water) yang diterapkan PDAM  Tirta Benteng (TB). Meski baru terpasang di tiga sekolah negeri, namun Dindik berharap seluruh sekolah negeri di Kota Tangerang dijadikan Pilot Project Program Kran air langsung minum tesebut.

"Program drinking water atau Kran air langsung minum ini merupakan sebuah upaya membuat anak anak minum air yang sehat. Selama ini banyak yang tidak tahu kualitas air di rumah terutama air tanah seperti apa.

Terlebih banyak penelitian menyebutkan kalau air isi ulang ternyata tidak bagus juga untuk kesehatan karena masih banyak mengandung bakteri E. Coli," ungkap Kepala Dindik Kota Tangerang Abduh Surahman, saat berada di SMP Negeri 9 yang menjadi salah satu pilot project Program Kran air minum sekolah oleh PDAM TB Kota Tangerang, kemarin.

Oleh karena itu, kata Abduh, berharap semua sekolah negeri di Kota Tangerang dijadikan Pilot Project Program drinking water pihak PDAM TB Kota Tangerang. Bahkan bisa berkembang lagi keseluruhan intansi,BUMD maupun pelayanan publik seperti Rumah Sakit.

"Yang jelas kami sangat mendukung sekali Program Kran air siap minum ke sekolah sekolah ini," ujar mantan Kadis Tenaga Kerja Kota Tangerang ini. Humas PDAM Tirta Benteng Ichsan Sodikin mengaku saat ini sudah ada dua sekolah yang dipasang fasilitas tersebut.

"Kita sudah memasang di dua SMP Negeri, namun saat ini pihaknya mengaku sedang berencana memasang sambungan air bersih siap minum di SMPN 1 Kota Tangerang. “Untuk di SMPN 1 kita masih kaji, karena butuh perhitungan yang matang dan juga teruji. Tapi kita kebut prosesnya agar cepat terealisasi,” ujarnya.

Namun demikian, Ichsan berharap sekolah sekolah yang telah terpasang Kran air siap minum tetap konsisten dalam menjaga perawatannya. "Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada pemasangan drinking water ini yakni sterilisasi, kebersihan dan perawatan. Jika syarat ini dipenuhi maka akan langsung kita proses. Terpenting konsisten," imbuhnya. (*/marjuki)

Beri komentar


Security code
Refresh