Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 250 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 271 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 703 | Komentar

Baca


OPD Belajar Selamatkan Arsip Banten


SERANG – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten Ajak Moeslim mengatakan, instansi pemerintah dan swasta dalam melakukan suatu pekerjaan dan kegiatan pelayanan kepada masyarakat memerlukan data dan informasi. “Salah satunya adalah data kearsipan. Data tersebut sangat diperlukan bagi instansi pemerintah dan swasta,” kata Ajak saat menyampaikan sambutan kegiatan Lokakarya Penyelamatan Arsip organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten, Rabu (26/7).

Ajak menilai, salah satu kunci kelancaran dalam berorganisasi perkantoran terletak pada pengelolaan data kearsipan, yang sistematis, sederhana dan efisien. Pengelolaan data kearsipan, kata Ajak, sangat penting karena arsip merupakan pusat kegiatan yang telah berlangsung dan tempat berbagai keterangan yang diperlukan.

Dengan adanya data kearsipan, apabila arsip tersebut dibutuhkan akan mudah dan cepat ditemukan,” ujar Ajak. Di lokasi yang sama, Usman Asshidiqi Qohara Plt Kepala Bidang Pengelolaan Arsip menjelaskan, pengelolaan data kearsipan meliputi penyimpanan, pemeliharaan dan penggunaan arsip merupakan hal yang mutlak diperlukan.

“Pada awalnya orang mengenal arsip hanya setumpuk kerta yang tidak berharga. Tapi saat ini, arsip merupakan hal yang penting dalam sebuah isntansi pemerintahan dan swasta,” kata Usman. Masih dijelaskan Usman, arsip tidak hanya berupa kertas, tapi arsip juga dapat berupa film, kaset, slide, video, disket dan foto copy yang disimpan serta dipelihara selama diperlukan dalam jangka waktu tertentu.

“Arsip sebagai bukti pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu dijamin keselamatan arsipnya, baik secara fisik dan informasinya,” ungkapnya. Hal senada disampaikan Laporan Panitia pelaksana kegiatan, Kasubid Pengelolaan Arsip, di DPK Banten Dewi Sumiarsih melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan tugas dan fungsi DPK Banten yang salah satunya untuk menyelamatkan dan melestarikan arsip Banten melalui lokakarya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyelamatkan arsip OPD yang mengalami peleburan, dan untuk menyelamatkan OPD yang belum memiliki record center,” kata Dewi. Adapun jumlah peserta, lanjutnya, sebanyak 130 orang dari eselon IV yang menangani kearsipan dan pengelolaan arsip dari seluruh OPD, dengan narasumber sebanyak 5 orang yang klompeten di bidangnya,” imbuhnya. (satibi)

Beri komentar


Security code
Refresh