Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 250 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 271 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 703 | Komentar

Baca


Banten Ikut FIKSI ABK Nasional



SERANG - Pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, mengirim sejumlah anak berkebutuhan khusus untuk mengikuti Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia SLB (FIKSI SLB) tingkat nasional, di Kota Tua, Jakarta.

Menurut Kabid Pendidikan Khusus di Dindikbud Banten, Rudi Prihadi, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemeirntah untuk  mengembangkan potensi peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang kewirausahaan melalui kegiatan lomba.

Ia menilai, Sekolah Luar Biasa (SLB) mempunyai tugas melayani anak berkebutuhan khusus, untuk mendapatkan hak pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah. "Kurikulum pendidikan khusus yang disiapkan Kemendikbud, memberikan penekanan besar terhadap peningkatan kemampuan keterampilan. Semakin tinggi jenjang pendidikan, maka semakin besar proporsi pendidikan keterampilan yang diberikan," katanya, kemarin.

Para peserta yang ikut dalam FIKSI SLB tingkat nasional, lanjutnya, merupakan para jawara di tingkat provinsi. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan potensi keterampilan bagi anak berkebutuhan khusus.“Mereka (ABK) sebenarnya mempunyai kemampuan yang berbeda dan luar biasa, kalau dikembangkan dengan baik," imbuhnya.

Sebelumnya, Dindikbud Provinsi Banten, menyelenggarakan gebyar anak berkebutuhan khusus (ABK), Tanggal17-19 Juli kemarin. Kegiatan gebyar anak berkebutuhan khusus ini digelar untuk memberikan sarana bagi anak berkebutuhan khusus, untuk memamerkan hasil keterampilannya kepada masyarakat.

“Gebyar anak berkebutuhan khusus adalah sejenis pameran, bazaar yang menampilkan prodak dan keterampilan anak-anak berkebutuhan khusus. Namun, kegiatan ini dinilai oleh dewan juri,” kata Rudi.
Ia mengaku, kegiatan ini dilakukan secara berjenjang, dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Para pemenang di tingkat provinsi nantinya akan mengikuti kegiatan serupa pada tingkat nasional.
“Namun pada tingkat nasional namanya bukan gebyar anak berkebutuhan khusus, namun festival inovasi kewirausahaan siswa Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kegiatan festival inovasi kewirausahaan siswa Indonesia, lanjutnya, juga akan dilangsungkan lomba keterampilan siswa sekolah anak berkebutuhan khusus tingkat nasional, yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Tua, Jakarta.

“Kegiatan festival inovasi kewirausahaan siswa Indonesia rencananya akan dilaksanakan di Kota Tua, Jakarta, pada akhir bulan Juli ini. Untuk lomba keterampilan anak berkebutuhan khusus, Banten sudah memiliki peserta yang akan bertanding dalam lomba tersebut. Peserta ini adalah pemenang lomba keterampilan anak berkebutuhan khusus tingkat provinsi, yang dilakukan beberapa waktu yang lalu,” ujar Rudi.

Masih kata Rudi, gebyar anak berkebutuhan khusus akan diikuti oleh sekolah berkebutuhan khusus se-Provinsi Banten, yang akan dilaksanakan di Sekolah Khusus 02 Lebak. Ia beralasan, sekolah tersebut sangat representative untuk menyelenggarakan gebyar anak berkebutuhan khusus.

“Gebyar anak berkebutuhan khusus akan dilaksanakan di SKh 02 Lebak, karena sekolah tersebut dinilai strategis untuk menjadi pusat keramaian, dan di SKh 02 Lebak memiliki falislitas yang memadai,” tutupnya. (satibi)

Beri komentar


Security code
Refresh