Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 485 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 604 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 481 | Komentar

Baca


Wagub Banten Ingatkan Komitmen Lembaga Pendidikan Soal Bela Negara


SERANG - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menegaskan, kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan. Anak-anak Indonesia, kata Andika, harus diajak untuk mencintai bangsa, dan tanah air  sehingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia.

Menurut Andika, lembaga pendidikan formal, sejak tingkatan yang paling bawah, harus memiliki komitmen yang tinggi terkait kewajiban menanamkan rasa nasionalisme dan bela negara kepada para anak didiknya. “Secara umum ini memang tugas kita semua memastikan agar api semangat mereka terus menerus menyala.

Dan bisa diwariskan kepada generasi yang akan datang,” kata Andika saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Lomba Diskusi/Argumen Parade Cinta Tanah Air Provinsi Banten di aula Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Rabu (2/8).

Untuk itu, menurut Andika, Pancasila sebagai falsafah Negara sangatlah penting kaitannya dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada para generasi penerus bangsa. Penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu terus ditingkatkan.

“Pancasila sebagai sistem etika sosial masyarakat, yang membentuk nilai bagi masyarakat untuk menjungjung tinggi nilai-nilai keberagaman, toleransi dan solidaritas,” imbuhnya. Di lokasi yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten E. Kosasih Samanhudi mengatakan, Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Dindikbud Banten mengadakan lomba parade cinta tanah air tingkat daerah Tahun 2017.

“Kegiatan ini bertemakan Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh radikalisme, terorisme dan Pengaruh Negatif Media serta Bahaya Narkoba,” kata Kosasih. Ia mengaku, kegiatan ini diikuti oleh 34 tim, satu timnya terdiri dari satu dua orang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan Kementerian Pertahanan yang mana para pemenang tingkat provinsi akan mengikuti kegiatan serupa tingkat nasional. “Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen dalam menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme, persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Bambang Sugiharto, Pejabat Pelaksana Tugas Pokok Kemenhan Provinsi Banten, Kolonel Kavaleri mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya dari Kementerian Pertahanan untuk meningkatkan karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan serta memiliki kesadaran bela Negara yang tinggi, khsusunya di kalangan generasi muda melalui metode diskusi.

“Materi diskusi diantaranya adalah pengetahuan umum, bela Negara dan keterampilan. Kegiatan ini diharapkan mampu mewujdukan generasi muda yang mencintai bangsa dan tanah airnya,” tutupnya. (satibi)

Beri komentar


Security code
Refresh