Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 507 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 629 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 496 | Komentar

Baca


DPAD Tingkatkan Minat Baca *100 Siswa Meriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan


PANDEGLANG – Sebanyak 100 siswa dari tingkat TK, SD, SLTP hingga SLTA mengikuti beberapa perlombaan dalam acara hari kunjungan perpustakaan tahun 2017 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Pandeglang, Senin (25/9).

Perlombaan yang dilaksanakan diantaranya, lomba mewarnai, stand up commedy, pidato bahasa Inggris, dan bercerita. Kegiatan yang dihadiri Bupati Pandeglang Irna Narulita didampingi Ketua DPAD Pandeglang Agus Sumardani itu merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca serta mampu menumbuhkan kegemaran membaca, dan kecintaannya terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, dan kecerdasan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan DPAD sebagai bentuk untuk menciptakan generasi hebat guna memberikan pendidikan yang memadai dan tingginya minat baca, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Dengan adanya program kegiatan hari kunjungan perpustakaan yang diisi dengan berbagai kegiatan, dapat menumbuhkan minat baca baik bagi siswa maupun masyarakat,” kata Irna, kemarin. Untuk mendorong minat baca masyarakat Irna juga mengingatkan DPAD untuk membuat jejaring sosial atau website yang menyediakan ketersediaan buku bacaan, sehingga sebelum mereka datang ke lokasi perpustakaan sudah mengetahui ketersediaan buku yang ada.

“Mungkin saat ini ketersediaan buku maupun kendaraan untuk perpustakaan keliling terbatas, mudah-mudahan secara bertahap kedepan akan terus diupayakan demi menumbuhkan minat baca masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk kenyamanan pembaca Irna juga berjanji pada tahun 2018 akan coba memperluas atau membangun gedung perpustakaan yang representatif. “Ini salah satu upaya kami untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, karena di perpustakaan inilah yang dapat memberikan wawasan kepada anak-anak untuk membuka jendela dunia,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPAD Pandeglang Agus Sumardani mengatakan, kegiatan hari kunjung perpustakaan yang rutin diperingati setiap bulan September ini dalam upaya menumbuhkan masyarakat dalam membaca.

“Saya berharap kegiatan itu dapat meningkatnya minat baca masyarakat untuk gemar membaca, dan termotivasi untuk membaca buku-buku, karena dalam peringatan kali ini diadakan berbagai perlombaaan untuk siswa,” terangnya.

Untuk meningkatkan minat baca, Agus juga selalu menginstruksikan bawahannya untuk berkeliling ke pelosok-pelosok desa membawa mobil perpustakaan, guna menjangkau masyarakat untuk membiasakan membaca.

“Kendaraan perpustakaan keliling ini secara rutin turun ke kecamatan, dalam rangka untuk meningkatkan minat baca masyarakat serta mengimplementasikan gerakan literasi sekolah dan mutu pendidikan,” pungkasnya. (yanadi)


Beri komentar


Security code
Refresh