Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 507 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 629 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 496 | Komentar

Baca


Pelajar Belajar Hukum di Rutan


LEBAK - Ratusan siswa SMA Negeri 1 Warunggunung belajar tentang hukum di Rutan Kelas II B Rangkasbitung. Kedatangan mereka didampingi guru kelas dan disambut langsung oleh Kepala Rutan Rangkasbitung Sigit Budiyanto.

“Kami sangat senang melihat minat pelajar mau belajar hukum. Dan kami terbuka terhadap siapapun, baik perorangan maupun lembaga yang membutuhkan informasi tentang hukum dan menengok kegiatan warga binaan,” kata Sigit, Rabu (27/9).

Sigit menjelaskan, tugas dan fungsi rutan tidak hanya menghukum para warga binaan di dalam sel tetapi juga berupa mendorong memperbaiki tingkah laku dan perbuatannya. Melalui kegiatan-kegiatan positif di dalam rutan.

“Kegiatan yang diikuti warga binaan, mulai dari pondok pesantren, pengajian bulanan, bermain musik marawis, senam, hingga berbagai pelatihan keterampilan. Salah satunya itu menyablon dan apa yang kami lakukan ini untuk mempersiapkan warga binaan agar bisa memiliki penghasilan sendiri dan dapat diterima baik di masyarakat,” katanya.

Beragam macam kegiatan yang telah dilakukan oleh warga binaan dapat dikatakan sudah mampu membuka mata masyarakat akan kondisi warga binaan yang sebenarnya. Keadaan mereka tidaklah seperti yang ada di film yang mendapatkan hukuman setiap waktu tetapi secara berkelanjutan diberikan pembinaan yang positif.

“Sehingga secara perlahan kini orang melihat rutan bukan lagi tempat menakutkan tetapi sebetulnya banyak hal positif yang bisa diambil dari sini. Termasuk untuk edukasi tentang hukum bisa dipelajari di sini dan kami senang dikunjungi termasuk oleh pelajar dari SMA Warunggunung,” katanya.

Sementara itu, guru SMA Negeri 1 Warunggunung Yeni mengapresiasi pihak rutan yang sudah menerima siswanya dengan baik. ”Tujuan kami tidak lain ingin mengenal lebih dalam soal apa itu rutan dan fungsinya sekaligus mengedukasi siswa akan hukum. Dan ternyata setelah masuk kedalam tidak seseram seperti yang dibayangkan,” katanya.

Siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Warunggunung Nia mengaku senang bisa masuk kedalam rutan. ”Ternyata kita diperbolehkan masuk kesini dan ternyata di dalamnya cukup luas. Ada lapangan, ada peralatan musik terus bersih dan kami juga diberikan kesempatan melihat keahlian para warga binaan hasil dari binaan petugas lembaga pemasyarakatan,” katanya. (purnama).








Beri komentar


Security code
Refresh