Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 83 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 60 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 86 | Komentar

Baca


Kopertis Dibubarkan


SERANG – Pembentukan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti), yang menggantikan peran Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) disambut baik oleh sejumlah perguruan tinggi di Banten. Salah satunya adalah Rektor Universitas Bina Bangsa (Uniba) Furtasan Ali Yusuf.

Menurutnya, perubahan Kopertis menjadi LL-Dikti merupakan amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang pendidikan tinggi. Dengan adanya L2-Dikti ini maka pelayanan terhadap perguruan tinggi akan lebih baik lagi.

“Nanti pelayanan dan pengawasan perguruan tinggi akan lebih dekat lagi, dan tidak ada yang membedakan antara pelayanan perguruan tinggi negeri dan swasta,” kata Furtasan kepada Banten Raya, kemarin.
Ia mengaku, saat ini L2-Dikti sedang dibuatkan nomenklaturnya. Kemungkinan Provinsi Banten akan memiliki L2-Dikti sendiri, maka birokrasi dalam pelayanan akreditasi akan lebih singkat dan pengawasan terhadap perguruan tinggi akan lebih dekat.

“Artinya pelayanan lebih dekat dan birokrasi akan lebih mudah. Selain itu, pengawasan akan lebih ketat terhadap perguruan tinggi yang nakal di Banten,” ungkapnya.
Terpisah, Koordinator Kopertis Wilayah IV-Jawa Barat dan Banten, Uman Suherman mengatakan, dengan dibentuknya L2-Dikti menggantikan Kopertis, maka pelayanan dan birokrasi akan lebih mudah dan singkat.

“Keuntungannya perubahan ini, memperpendek birokrasi, tidak ada lagi dikotomi perguruan tinggi negeri dan swasta, karena perguruan tinggi menggunakan standar yang sama. Hal yang membedakan adalah akreditasi,” katanya.

Ia mengaku, saat ini Direktorat Pendidikan Tinggi pada Kemenristekdikti sedang mempersiapkan perubahan tersebut. Bahkan, sumber daya manusia yang ada akan kembali digunakan dan tidak menutup kemungkinan akan personel di Kemenristekdikti juga akan masuk ke dalam struktur L2-Dikti.“Kalau dahulu untuk mengurus akreditasi harus ke kementerian, nanti kepengurusan akreditasi bisa dilakukan oleh L2-Dikti,” ungkapnya.

Terkait Provinsi Banten akan memiliki L2-Dikti sendiri, Suherman mengaku hal tersebut bisa saja terjadi. Namun, ia mengaku tidak ada perlakukan yang berbeda antara Provinsi Banten dan Jawa Barat pada saat pelayanan digabung.“Saya belum tahu apakah Provinsi Banten akan memiliki LL-Dikti sendiri, namun yang jelas tidak ada perbedaan pelayanan pada saat Provinsi Banten bergabung dengan Kopertis Jawa Barat,” imbuhnya. (satibi)

Beri komentar


Security code
Refresh