Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 370 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 471 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 376 | Komentar

Baca


Utamakan Kualitas untuk Keamanan


*Bicyle Mini Xtreme

Bicyle Mini Xtreme (BMX) merupakan sepeda yang didesain sangat mungil. Sepeda ini sangat khas dengan bentuknya yang kecil, ringan, dan lincah. Di tangan bikers handal, BMX mampu bergerak lincah memainkan beragan atraksi ekstrem. Tak jarang penonton akan dibuat terkagum-kagum oleh bikers yang melayang di udara dengan BMX kesayangannya. Untuk para bikers sendiri, harus memperhatikan keadaan BMX yang akan digunakan. Heru Anwari, bikers Zero Twofivefour BMX (ZTFFBMX) Serang mengatakan, demi menjaga keamanan saat akan melakukan atraksi, baik untuk street ataupun backflip, bikers harus memperhatikan keadaan BMX yang akan digunakan. Pastikan keadaan BMX dalam keadaan aman. "Kita periksa dulu keadaan sepedanya sehat apa nggak. Contohnya periksa keadaan ban, jok, atau yang paling penting keadaan bautnya. Kenceng apa nggak," kata Heru, saat ditemui seusai pentas di acara yang digelar oleh Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sabtu (7/12).

Heru mengatakan, kondisi baut BMX merupakan hal yang teramat penting. Sebab, baut berfungsi untuk mengencangkan bagian BMX satu dengan bagian lainnya. Jika baut berada dalam keadaan tidak kencang, dikhawatirkan akan lepas ketika bikers tengah melakukan atraksi, terlebih atraksi streetpart. "Ya yang paling penting periksa baut pegangan atau beringnya. Goyang nggak? Jangan sampe lepas, bahaya," kata Heru. Sementara, Odi Mufrodi, rekan Heru mengatakan, untuk meminimalisasi bahaya, bikers harus menggunakan perlengkapan keamanan. Mulai dari helm, pelindung kaki dan juga tangan. "Sebisa mungkin bikers harus menggunakan alat keseptian," kata Odi.

Selain itu, Odi juga menyarankan agar biker menggunakan BMX yang berstandar nasional Indonesia (SNI). Ciri dari BMX yang bagus adalah yang memiliki kekuatan tinggi dengan bobot yang ringan. "Sepedanya harus bener-bener kuat tapi nggak berat," katanya. Selain itu, untuk menambah kenyamanan, bikers harus menyesuaikan derajat BMX dengan postur tinggi badan. Hal tersebut bertujuan agar bikers lebih mudah memainkan BMX tersebut. "Biasanya, derajat BMX dilihat dari framenya, ada yang 20,5, 20,7, 20,1 dan macem-macem deh. Tergantung orangnya mau pilih yang mana. Kadang ada orang yang nyaman dengan frame rendah tapi ada juga yang suka dengan frame tinggi," kata Odi.

Odi mengatakan, hal lain yang harus diperhatikan dari BMX yaitu derajat rem. Setiap atraksi BMX ada takaran derajat rem yang berbeda. "Kalau untuk street biasanya derajat remnya lebih kecil dan ukuran joknya lebih panjang. Tapi kalau buat atraksi left length biasanya remnya lebih besar dan joknya lebih kecil," kata Odi. Di luar itu semua, kalau bikers sudah ada di lapangan dengan BMX nya masing-masing pasti akan lupa semuanya. Bikers akan berkonsentrasi untuk tampil semenawan mungkin. Namun, tak hanya dijadikan sebagai gaya dan lifestyle, BMX juga dijadikan sebagai media olah raga. Tertarik mencoba? (mg-ika)