Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 72 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 56 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 80 | Komentar

Baca


Selamat Jalan Para Tamu Allah

SERANG - Sebanyak 450 jemaah haji asal Kabupaten Serang yang tergabung dalam kloter 6, kemarin, diberangkatkan Kepala Kemenag Banten Iding Mujtahidin dan Sekda Pemkab Serang Lalu Atharussalam Rais dari halaman Pendopo Bupati Serang. Isak tangis dan haru dari keluarga para jemaah mewarnai keberangkatan para jamaah yang dilepas sekitar pukul 13.30 itu.  Kepala Kemenag Provinsi Banten Iding Mujtahidin mengatakan bahwa tahun ini ada 1.647 jemaah dari Provinsi Banten yang ditunda keberangkatannya karena kebijakan Arab Saudi mengurangi kuota haji Indonesia sebesar 20 persen. "Yang memberangkatkan hakikatnya bukan kita, tapi Allah SWT. Tapi nanti kita akan prioritaskan," katanya.

Tahun ini, jemaah haji diberangkatkan tidak dari bandara Soekarno Hatta seperti biasanya, tetapi dipindahkan melalui bandara Halim Perdana Kusuma. Keuntungannya, Halim lebih dekat dari Asrama Haji Pondok Gede, daripada dari Bandara Soekarno Hatta. "Hanya 10 menit," kata Iding.  Iding mewanti-wanti jemaah untuk menjaga kesehatan, termasuk dengan tidak menunda makan. "Di Pondok Gede nanti diperiksa kesehatan, mendapatkan pasport. Itu nanti jangan jajan di luar, takut ada makanan yang basi, nantinya sakit. Haji kan butuh fisik yang kuat," katanya.

Selama di Mekkah dan Madinah, para jemaah akan mendapatkan katering makanan secara teratur. "Sekali lagi, langsung dimakan. Jangan diirit-irit buat nanti. Banyak minum, banyak makan karena di sana cuacanya cukup ekstrim. Di Madinah itu sekarang 42 derajat celcius, dan Mekkah 44 derajat celcius," katanya.
Ia meminta para jemaah untuk untuk tidak lupa mendoakan Kabupaten Serang dan para pemimpinnya. "Jemaah harus berterima kasih karena transportasi ke asrama haji ditanggung Pemkab Serang," katanya.

Sekda Pemkab Serang Lalu Atharussalam Rais meminta para jemaah menjaga suasana aman dan nyaman saat berhaji. "Patuhi terhadap petugas," katanya. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Serang Iskandar Bunyamin mengatakan total jemaah haji Kabupaten Serang ada 725 orang. "Itu yang dipending sebelumnya 147 orang. Insya Allah diprioritaskan di tahun depan," kata Iskandar.

Iskandar mengatakan, Pemkab Serang tahun ini kembali mengucurkan dana ongkos berangkat haji untuk para jemaah dengan total Rp 400 juta. "Sama dengan tahun kemarin. Tahun kemaren katanya hampir-hampir aja gak cukup karena banyak kebutuhan. Mudah-mudahan sekarang cukup. Ya alhamdulillah saja. Kalau misalnya ada yang di luar anggaran, nanti anggaran yang lain kita per kecil," kata Iskandar..

Selain untuk ongkos pemberangkatan jemaah, dana bantuan Pemkab Serang yang masuk dalam kode rekening hibah tersebut juga digunakan untuk pengamanan pemberangkatan jemaah, honor petugas pemberangkatan, rapat-rapat, dan kebutuhan lainnya. "Ya kita kan butuh kepolisian untuk pengamanan, buat ngejagain koper jemaah dan segala macam," katanya. (fikri)

Beri komentar


Security code
Refresh