Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 113 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 159 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 615 | Komentar

Baca


Sedanten, Aplikasi Android Pilgub Banten


SERANG –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten mengumumkan pemenang lomba Pilkada Banten Apps Challenge yang digelar di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, 17 Desember 2016 lalu.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya KPU Banten untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk pemilih pemula, yang terbiasa menggunakan android. Aplikasi yang berhasil menjadi pemenang dalam lomba Pilkada Banten Apps Challenge adalah, Sedanten, Banten Memilih, dan Sitami.“Aplikasi ini berbasis android, sehingga pemilih pemula bisa mendapatkan informasi terkait Pilgub Banten dari Android,” kata Agus kepada Banten Raya, Selasa (10/1).

Ia menjelaskan, aplikasi Sedanten yang berhasil meraih juara satu berisi informasi mulai dari profil pasangan calon, informasi bagi pemilih apakah sudah terdaftar atau belum, prediksi pemenang yang diisi oleh pengguna aplikasi, memberikan kesempatan pemilih untuk menyampaikan aspirasi, berita seputar penyelenggaraan Pilkada Banten, dan fitur khusus untuk pemilih disabilitas disleksia.

“Aplikasi kedua yaitu Banten Memilih. Juara kedua ini merupakan aplikasi berbasis android yang memberikan informasi berupa tanggal pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan mengenai kandidat gubernur dan wakil gubernur,” ujarnya.

Di dalam aplikasi ini juga, smabung Agus, terdapat simulasi yang menggambarkan situasi tata cara pemilihan di TPS.  Selain itu dalam aplikasi ini terdapat fitur suara untuk pemilih disabilitas netra dalam menggunakan aplikasi ini.

“Adapun juara tiga adalah aplikasi Sitami. Aplikasi ini memberikan informasi terkait dua kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Banten. Namun dalam penyajiannya,  aplikasi ini menggunakan bentuk grafik.  Selain itu,  dengan aplikasi ini masyarakat pun bisa mencek data dirinya pada fitur cek DPT Online,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Komisioner KPU Banten Syaeful Bahri. Menurutnya, lomba apps challenge ini bertujuan untuk membantu KPU Banten dalam mensosialisasikan segala informasi terkait Pilkada Banten. "Aplikasi ini bisa didownload di play store," katanya. Dari perlombaan tersebut, juara 1 mendapatkan hadiah Rp10 juta, juara II Rp7,5 juta, dan juara III Rp5 juta.

Direktur Perludem Titi Anggaraini yang juga juri lomba menjelaskan, sebelum ditetapkannya tiga aplikasi tersebut sebagai pemenang, ada 51 pendaftar aplikasi yang mengikuti perlombaan tersebut.  "Lomba ini diikuti oleh pemilih Banten dan juga siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh studi di Banten," ujar Titi.

Dari 51 aplikasi, lanjut Titi, dipilih 32 besar yang masuk babak semifinal yang selanjutnya dipilih 12 besar untuk mengikuti babak final, dan pada akhirnya dipilih lima pemenang. "Kolaburasi antara penyelenggara pemilu drngan masyarakat sipil seperti yang dilakukan dalam kegiatan Pilkada apps challenge ini merupakan bentuk keterbukaan KPU dalam menyajikan data pemilu secara digital," katanya. (satibi)

Beri komentar


Security code
Refresh