Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 507 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 629 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 496 | Komentar

Baca


Tujuh e-Government Diluncurkan Kementerian PANRB


JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kemarin meluncurkan beberapa aplikasi e-government. Aplikasi tersebut adalah Command Center, e-Office, e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-Performance, serta Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC). Inovasi yang dilakukan KemenPANRB tersebut diharapkan akan mempercepat akses dan menunjang transparansi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan KemenPANRB sebagai penggerak utama reformasi birokrasi memiliki tanggungjawab untuk bisa menjadi role model nasional penerapan   e-Government.

”Hal ini juga untuk menegaskan bahwa Kementerian PANRB memiliki kesiapan optimal sebagai role model      e-Government nasional. Selain itu diharapkan dapat memberi inspirasi kepada instansi pemerintah lainnya  untuk mengakselerasi penerapan e-Government,” ujarnya. Penggunaan e-Government ini sebagai peningkatan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan di era digital.

Dia membeberkan, secara teknis e-Government juga bisa membantu pengawasan dengan lebih detail. Asman mencontohkan salah satu aplikasi yang diluncurkan kemarin, bisa mengawasi pegawai absensi pegawai. ”Setiap dirjen bisa melihat pegawainya ada di luar kantor atau sedang di kantor. Nanti ada GPSnya,” jelasnya.

Asman menambahkan jika kedepan e-Government akan diterapkan secara nasional. Integrasi antar kementerian atau lembaga pun bisa dilakukan. Walaupun siapa saja dapat mengakses e-Government, Asman menjelaskan jika tetap ada hal-hal yang hanya dikonsumsi oleh internal lembaga. ”Misalnya soal data pajak, ya nanti kementerian lain tidak bisa lihat. Hanya Kementerian Keuangan,” jelasnya.

Asman juga membeberkan jika kini pihaknya tengah menggodog peraturan presiden mengenai e-Government secara nasional. ”Kami tengah membahas Perpres e-Government nasional,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan tujuh inovasi Kementerian PANRB  yang diluncurkan kemarin. ”Command center berfungsi sebagai supporting system bagi pengambilan keputusan pimpinan. Selain itu juga berfungsi sebagai media analisis dan ekspos informasi,” katanya.

Sedangkan e-Office, lanjut Atmaji, merupakan sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian, serta layanan penugasan dan tata usaha. Aplikasi lainnya adalah E-Office untuk untuk melihat kehadiran pegawai dan hal-hal yang mengenai administrasi kantor.

”Berikutnya adalah e-Salam yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada seluruh stakeholders mengenai perkembangan proses berbagai layanan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” katanya. (lyn)

Beri komentar


Security code
Refresh