Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 113 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 159 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 615 | Komentar

Baca


Anggota Brimob Idealnya 1.000 Personil


SERANG - Kasat Brimobda Banten AKBP Reeza Herasbudi mengungkapkan, idealnya Satbrimobda Banten memiliki anggota sebanyak 1.000 personil. Kebutuhan itu karena Satbrimobda Banten mem-back up pengamanan kepolisian untuk untuk lima kabupaten/kota dan sebagian Kabupaten Tangerang.

"(Anggota) Satuan Brimob hanya sedikit. Harapannya, sekitar 600. Kalau idealnya sekitar 1.000, karena kita ada 6 wilayah (Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak, dan sebagian wilayah Kabupaten Tangerang), 2 kota (Kota Cilegon dan Serang) dan 1 provinsi sehingga perlu ada kekuatan tambahan untuk membantu kewilayahan," tegas kasat saat sambutan pada HUT Brimob ke 72 di Mako Satbrimobda Banten, Kota Serang, Selasa (14/11).

Hadir dalam acara Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan, pejabat utama polda Banten, serta forkopimda.Selain untuk mem-back up kewilayahan, keberadaan Satrbrimobda Banten juga untuk memback up pengamanan di DKI Jakarta. "Kekuatan kita untuk pilkada pilgub, pilkades sampai pilpres seluruhnya akan kita siapkan penuh untuk mem-back up, termasuk Jakarta," ungkapnya.

Oleh karena itu, kasat meminta kepada Pemprov Banten untuk menyiapkan lahan untuk bangunan Mako Satbrimobda Banten. Pasalnya, kondisi mako saat ini tidak memadai. "Harapannya dengan di bangunnya lokasi baru di luar ini, diharapkan bisa mem-back up kewilayahan. Pak Gub (Gubernur Banten Wahidin Halim) sudah menyampaikan, (mako brimob) sekarang sempit, di tengah kota," harapnya.

Menurut kasat, lokasi lahan yang diberikan dimana saja. Asalkan, lokasinya siap dibangun dan aksesnya mudah. "Karena yang penting ada akses jalan," ungkapnya seraya menambahkan bahwa kekurangan di mako saat ini adalah untuk asrama, fasilitas umum dan latihan.

Sementara itu, Gubernur Wahidin Halim mengamini keinginan pembangunan gedung Satbrimobda Banten itu. "Saya siap membantu, dan saya sudah berbicara memikirkan asrama ini, lingkungan (di mako) tidak memadai, pastinya memang kurang memadailah. Bagaimana kita agar di daerah lain di daerah selatan yang tanahnya lebih luas. Pemerintah (Pemprov) bersama kapolda, bila perlu menghadap kapolri sekalian, nanti pemda akan usahakan," ungkap WH.

Menurut WH juga, butuh latihan ruang terbuka untuk latihan menembak dan sebagainya. "Saya kira kita akan bantu, akan kita lihat anggarannya dan kita minta juga desain pembangunan seperti apa. Kita lagi pikirkan bersama paling tidak ke arah selatan," jelasnya.

Dari sisi keamanan dan letak Provinsi Banten yang dekat dengan Jakarta sangat strategis. Juga sebagai daerah transit juga dari Sumatera dan Jakarta."Banten bukan sekadar penyangga, tapi strategis. Ada tempat vital yang harus diamankan, apalagi Banten berbatasan langsung dengan pulau terluar. Ada 78 pulau, bahkan berbatasan langsung dengan Australia," tegasnya. (marjuki)

Beri komentar


Security code
Refresh