Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 26 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 94 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


Calon Diberondong 300 Pertanyaan


SERANG - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Serang mulai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Dradjat Prawiranegara. Tes kesehatan bisa berujung pergantian bakal calon bila hasilnya buruk.

Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan pasangan bakal caon wali kota dan wakil wali kota Serang meliputi 16 item tes ditambah dengan pemeriksaan narkoba dan tes psikologi. Bila ada bakal calon yang tidak lolos tes kesehatan, maka bisa berujung pada pergantian calon.

“Pergantian calon dimungkinkan kalau tidak lolos,” kata Fierly yang ditemui di sela acara pemeriksaan kesehatan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Serang di RSUD Dr. Dradjat Prawiranegara, Kamis (11/1).
Bila ada bakal calon yang tidak lolos, kata Fierly, maka KPU Kota Serang akan membuka rekam medis bakal calon tersebut mengapa tidak memenuhi syarat.

Rekam medis hanya boleh dibuka kepada bakal calon yang bersangkutan dan bukan merupakan konsumsi publik. Setelah itu partai pengusung akan diberi tahu untuk kemudian menunjuk pengganti bakal calon yang tidak lulus tes kesehatan. “Tapi kita berharap semuanya sehat,” katanya.

Fierly mengungkapkan bahwa pemeriksaan kesehatan akan berlangsung selama dua hari yaitu pada 11-12 Januari karena hanya ada empat pasangan calon. Satu hari akan ada dua pasangan calon yang diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan akan dimulai pukul 07.00 dan diperkirakan akan selesai pukul 18.00.

Pada 14 Januari akan digelar tes psikologi dengan menyodorkan 300 soal yang harus dijawab selama 3 jam. Pada 15 Januari KPU Kota Serang akan menggelar pleno dan pada 16 Januari akan diumumkan di RSUD Dr. Dradjat Prawiranegara siapa bakal calon yang lulus dan tidak. “Kamis-Jumat tes kesehatan. Sabtu istirahat. Minggu tes psikologi. Kalau dipaksakan dilakukan hari Sabtu bisa sih cuma memang merekanya agak kurang istirahat,” ujarnya.

Ketua Medical Check Up Harifudin Harun mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan bakal calon akan dilakukan sekitar 8 jam dimulai pukul 07.00 sampai dengan magrib yang diselingi istirahat saat dzuhur. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik dan psikis sesuai dengan waktu-waktu yang telah ditentukan.

Pemeriksaan akan melibatkan 26 dokter spesialis yang akan memeriksa 13 cabang spesialis di antaranya adalah THT, bedah, sampai penyakit dalam. “Untuk tes psikologi melibatkan HIMSI (Himpunan Psikologi Indonesia-red) untuk narkoba ada BNN (Badan Narkotika Nasional-red),” katanya.

Terpisah, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi (Iti-Ade) juga melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Dr Adjidarmo, Rangkasbitung. “Tahapan hari ini (kemarin -red), yang harus dilakukan pasangan bakal calon bupati Iti-Ade, adalah pemeriksaan kesehatan, yang mulai dilakukan pada pukul tujuh pagi, hingga pukul empat sore. Sedangkan pihak pemeriksa kesehatannya, adalah tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lebak,”ujar Ketua KPU Lebak Ahmad Saparudin. (tohir/hudaya)

Beri komentar


Security code
Refresh