Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 26 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 94 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


KPU Verifikasi Ijazah Bakal Calon


SERANG – KPU Kota Serang mulai kemarin memverifikasi ijazah para bakal calon wali kota dan wakil wali kota Serang. verifikasi dilakukan untuk memeriksa keaslian ijazah para bakal calon.

Komisioner KPU Kota Serang Mohamad Hopip mengungkapkan bahwa karena ada empat calon, maka tim dibagi ke dalam empat tim guna memverifikasi ijazah bakal calon. Ia sendiri mendapatkan tugas memverifikasi ijazah pasangan Agus Irawan Hasbullah dan Samsul Bahri. Hanya ada dua ijazah yang akan diverifikasi, yaitu ijazah jenjang SLTA sederajat dan perguruan tinggi.

Dalam dokumen yang diserahkan ke KPU Kota Serang Agus Irawan menyertakan ijazah SLTA sebagai pendidikan terakhirnya. Sementara Samsul Bahri menyertakan ijazah sarjana atau strata 1 sebagai pendidikan terakhir.“Untuk verifikasi ijazah Pak Agus dan Pak Samsul sudah beres karena sekolah mereka semuanya ada di Serang,” kata Hopip, Jumat (12/1).

Hopip mengungkapkan bahwa Agus Irawan Hasbullah tercatat sebagai siswa di SMA Muhammadiyah Serang. Setelah diverifikasi ke sekolah memang ditemukan ada data Agus di sana. Adapun Samsul Bahri tercatat sebagai siswa SMAN 1 Serang dan mahasiswa IAIN Sunan Gunung Djati Bandung (sekarang berubah menjadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Setelah mendatangi SMAN 1 dan kampus UIN data Samsul memang benar ada di sana.“Jadi keduanya valid memang pernah mengenyam pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi yang mereka sebutkan,” katanya.

Hopip mengungkapkan bahwa di hari pertama verifikasi ijazah ini ada tiga pasangan calon yang ijazahnya diverifikasi, yaitu pasangan Agus Irawan Hasbullah dan Samsul Bahri, Vera Nurlaela Jaman dan Nurhasan, serta Syafrudin dan Subadri Usuludin.  Adapun verifikasi ijazah pasangan Samsul Hidayat dan Rohman baru akan dilakukan pada Senin mendatang karena ada masalah teknis.

Pasalnya komisioner yang diberi tanggung jawab memverifikasi ijazah di saat yang sama harus stand by mengawal jalannya pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon di RSUD Dr. dradjat Prawiranegara.“Karena kesibukan itu maka tugasnya dialihkan ke saya dan saya baru akan memverifikasinya Senin,” ujarnya.

Ditanya mengenai ijazah Rohman yang lulus S2 di Belanda, ia mengatakan hal itu bisa dikonfirmasi ke Dikti. Dikti bisa mengeluarkan semacam ijazah kesetaraan bagi mereka yang kuliah di luar negeri.
Akhmad Syarifudin, Komisioner KPU Kota Serang lain, yang memverifikasi ijazah pasangan bakal calon Vera Nurlaela Jaman dan Nurhasan mengaku baru bisa memverifikasi ijazah milik Nurhasan di Jakarta.

Nurhasan tercatat sebagai siswa SMA Dharma Karya Jakarta Selatan. Ia juga tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Pancasila Jakarta. Dari 2 lembaga pendidikan itu Akhmad mengaku baru bisa mendapatkan data di Universitas Pancasila dan nama Nurhasan memang tercatat di sana.

Sementara di SMA Dharma Karya karena pihak sekolah sedang melakukan studi tour maka verifikasi belum bisa dilakukan dan akan dilakukan ulang pada Senin mendatang."Untuk bu Vera karena tercatat di SMAN 1 Serang dan lokasinya dekat kita agendakan Senin," ujarnya.

Sementara itu untuk verifikasi pasangan calon Syafrudin dan Subadri Usuludin juga telah selesai dilakukan. Meski Syafrudin dahulu mengenyam pendidikan SPG yang saat ini lembaga pendidikannya telah dibubarkan pemerintah namun datanya masih bisa diverifikasi di Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Begitu juga dengan ijazah Subadri Usuludin yang paket C sudah diverifikasi di Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan valid. "Nggak ada masalah. Semua persyaratan clear," kata sumber di KPU Kota Serang yang tidak mau disebutkan namanya. (tohir)

Beri komentar


Security code
Refresh