Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 72 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 56 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 80 | Komentar

Baca


Semua Calon Belum Laporkan Harta


SERANG – KPU Kota Serang menyatakan berkas empat bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Serang belum lengkap. KPU memberi waktu sampai dengan 20 Januari 2018 untuk memperbaikinya.

Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri mengatakan bahwa sejak pendaftaran bakal calon pada 8-10 Januari lalu KPU Kota Serang melakukan beberapa penelitian dokumen syarat calon dan pencalonan para bakal calon. Kemarin, hasil penelitian itu disampaikan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri seluruh bakal calon dan pendukung mereka.

“Secara umum sudah memenuhi syarat tetapi masih ada catatan berupa dokumen yang harus dilengkapi oleh semua bakal pasangan calon,” kata Fierly usai acara penyerahan hasil penelitian dokumen persyaratan calon dan pencalonan dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Serang tahun 2018 di Hotel Ratu, Rabu (17/1). Hadir dalam kesempatan tersebut para bakal calon, yaitu Samsul Hidayat dan Rohman, Vera Nurlaela Jaman dan Nurhasan, Syafrudin dan Subadri Usuludin, serta Agus Irawan Hasbullah dan Syamsul Bahri.

Fierly mengungkapkan bahwa dokumen yang diteliti adalah dokumen yang menyangkut syarat pencalonan dan syarat calon. Dokumen-dokumen tersebut antara lain adalah B3KWK perseorangan, B4KWK parpol, BB 1 KWK, BB 2 KWK,  surat keterangan sehat jasmani, rohani, serta bebas narkotika, surat keterangan tidak pernah terpidana berdasarkan keputusan pengadilan, surat keterangan dari pengalikan negeri sedang tidak dicabut hak pilihnya, surat dari pengadilan negeri tidak sedang dalam tanggungan hutang, surat keterangan catatan kepolisian, surat tanda terima LHKPN dari KPK, dan surat keterangan sedang tidak dinyatakan pailit.

Dokumen lain adalah dokumen yang dikeluarkan kantor pelayanan pajak berupa fotokopi NPWP, tanda terima SPT 5 tahun terakhir, tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak, fotokopi KTP elektronik, fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi instansi berwenang, naskah visi misi yang sesuai RPJP daerah, daftar nama tim kampanye tingkat kota dan kecamatan, dan foto terbaru. “Dokumen-dokumen itu ada dan secara umum memenuhi syarat,” katanya.

Sementara itu KPU Kota Serang juga memberikan catatan untuk keempat bakal pasangan calon. Untuk pasangan Samsul Hidayat dan Rohman catatannya adalah sampai dengan 20 Januari 2018 pasangan ini harus mengurus surat keterangan dari instansi terkait bahwa proses pengunduran diri Samsul sbagai ASN sedang diproses. Catatan lain mereka harus melengkapi surat keterangan dari KPK yang isinya menerangkan bahwa LHKPN yang mereka ajukan ke KPK sedang diproses.

Catatan untuk pasangan Vera Nurlaela Jaman dan Nurhasan mereka harus melengkapi surat keterangan dari KPK bahwa LHKPN yang diajukan sedang dalam proses.  Catatan untuk pasangan Syafrudin dan Subadri Usuludin menyerahkan surat keterangan dari KPK bahwa LHKPN yang diajukan sedang dalam proses.

Juga surat keterangan dari instansi terkait bahwa surat pengunduran diri Syafrudin sebagai PNS dan Subadri anggota DPRD Kota Serang sedang diproses.“Kami menerima surat dari Pak Syafrudin mengenai permohonan pensiun ke BKPSDM Kota Serang dan menerima surat dari Pak Subadri terkait pengunduran dirinya ke DPRD Kota Serang,” katanya.

Catatan untuk pasangan Agus Irawan Hasbullah dan Syamsul Bahri agar menyerahkan surat keterangan dari KPK yang menyatakan bahwa LHKPN yang diajukan sedang dalam proses. Juga surat keterangan dari kantor pajak yang menerangkan bahwa SPT 5 tahun terakhir sedang diproses. Selain itu surat tifak punya tunggakan pajak sedang diproses. “Catatn lain adalah menunggu mereka memenuhi kekurangan photo copy KTP elektronik yang kurang 58.464,” katanya.

Berbeda dengan verifikasi dukungan untuk calon perseorangan pada tahap pertama yang dilakukan dari pintu ke pintu, dalam tahap perbaikan ini pasangan calon atau tim sukseslah yang mengumpulkan pendukung mereka di satu tempat. Setelah baru petugas pencocokan dan penelitian melakukan verifikasi kepada para pendukung.

Ketua Panwaslu Kota Serang Rudi Hartono mengatakan bahwa sejak masa pendaftaran dan tes kesehatan, Panwaslu juga melakukan pengawasan dan penelitian administrasi bakal pasangan calon. Hasilnya semua sudah memenuhi syarat, termasuk dokumen-dokumen penting seperti ijazah.

Panwaslu bahkan datang langsung ke sekolah atau perguruan tinggi di mana bakal calon bersekolah atau kuliah untuk memastikan keaslian ijazah mereka. “Kalau yang belajar di luar negeri kita ngecek ke Kemendikti. Hasilnya tidak ada satu pun yang meragukan. Semua sudah sesuai dengan aturan,” katanya.

Panwaslu berharap semua pasangan calon segera memenuhi syarat yang belum lengkap, terutama syarat pemenuhan dukungan yang kurang untuk pasangan Agus Irawan Hasbullah dan Syamsul Bahri. (tohir)


Beri komentar


Security code
Refresh