Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 83 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 60 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 86 | Komentar

Baca


Sah, Tiga Daerah Calon Tunggal


SERANG
- Tiga daerah ditetapkan hanya diikuti oleh calon tunggal dalam pilkada 2018 setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon, secara serentak, kemarin.

Tiga daerah tersebut adalah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak. Kota Tangerang hanya diikuti oleh pasangan petahana Arief Wismansyah-Sachrudin setelah tidak ada lawan yang muncul sampai detik akhir pendaftaran.

Kabupaten Tangerang hanya diikuti oleh pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli. Di Lebak, pilkada hanya diikuti oleh Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi setelah pasangan Cecep Sumarno-Didin Saprudin dari jalur independen terganjal persyaratan dukungan.

Sementara pilkada di Kota Serang kemarin ditetapkan diikuti oleh tiga orang calon yakni Samsul Hidayat-Rohman, Vera Nuelaela Jaman-Nurhasan, dan Syafrudin-Subadri Usuludin. Sementara satu bakal pasangan calon dari jalur independen atas nama Agus Irawan Hasbullah dan Samsul Bahri dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin mengatakan bahwa setelah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon maka para pasangan calon sudah boleh melakukan kampanye kepada masyarakat. Metode kampanye yang bisa dipilih adalah pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, dan lainnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada kepolisian dan TNI yang telah melakukan pengamanan maksimal sehingga acara pleno berjalan dengan tertib dan aman."Saya juga berterima kasih kepada PPK PPS yang telah bekerja sangat keras selama ini," ujar Heri.

Tampak juga mendampingi keempat komisioner KPU lain, yaitu Fierly Murdlyat Mabrurri, Akhmad Syarifudin, Durotul Bahiyah, dan Mohamad Hopip. Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly MM mengatakan bahwa pasangan calon yang ditetapkan hanya ada 3.

Bagi Pasangan calon yang tidak ditetapkan sebagai calon walikota dan wakil walikota yang bekeratan dengan keputusan itu ia mempersilahkan agar mengajukan gugatan ke Panwaslu Kota Serang. Meski demikian ia mengatakan bahwa segala proses telah dilakukan oleh KPU Kota Serang dengan berpijak pada peraturan yang ada sehingga ia yakin semua proses telah berjalan sesuai jalur.

Bila ada pasangan calon yang mengajukan gugatan, maka tidak ada pilihan lain bagi KPU selain menghadapinya.“Bagi pihak yang tidak terima hasil pleno penetapan paslon (pasangan calon-red) silakan ajukan sengketa ke Panwaslu selama 3 hari, mulai dari tanggal 13,” ujarnya.

Fierly mengungkapkan bahwa KPU Kota Serang telah menetapkan besaran dana kampanye dibatasi hanya sampai Rp16 miliar untuk tiap pasangan calon. Besaran dana kampanye yang ditetapkan tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan dan kajian serta penghitungan yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Ia mengatakan bahwa segala atribut yang digunakan oleh pasangan calon dibatasi sesuai dengan ketentuan karena itu KPU Kota Serang bisa memprediksi berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan masing-masing pasangan calon selama proses kampanye. “Seperti jasa konsultan atau lembaga survei itu kan hanya Rp1 miliar,” katanya.

Fierly mengungkapkan bahwa selama proses kampanye alat peraga kampanye yang digunakan pasangan calon akan dibatasi. Selain hanya APK yang dibuat KPU Kota Serang pasangan calon juga hanya dibolehkan membuat 150 persen APK dari jumlah APK yang dibuat KPU.

“Tidak boleh ada bilboard yang mereka bikin. APK bilboard hanya boleh dipasangi APK dari KPU,” katanya seraya menambahkan pasangan calon hanya boleh memasang umbul-umbul, spanduk, dan baliho.
Agus Irawan yang hadir dalam rapat pleno kemarin mengatakan bahwa KPU Kota Serang seharusnya mengumumkan bahkan ia dan Samsul Bahri yang merupakan bakal pasangan calon tidak lolos dalam verifikasi. Karena itu ia mengatakan akan menggugat KPU melalui jalur peradilan.“Kita akan ketemu di pengadilan. Saya sudah katakan itu ke Heri dan Fierly,” ujarnya.

Ditanya kepada pasangan mana dukungan yang dimilikinya akan diserahkan kemudian, Agus mengatakan belum memikirkan masalah itu karena masih mengusahakan gugatan hasil pleno penetapan. Yang jelas ia akan menyerahkan dukungannya kepada pasangan calon yang berkiblat pada kepentingan masyarakat.

Calon wakil wali kota Serang dari jalur perseorangan Rohman mengaku bersyukur dengan penetapan ini. Ia melihat hal ini sebagai nikmat yang luar biasa yang harus disyukuri. “Insya allah kami akan bekerja keras,” tuturnya.

Vera Nurlaela Jaman yang dimintai komentar mengatakan secara singkat bahwa ia bersyukur telah ditetapkan sebagai calon wali kota Serang. Dengan demikian status ini mengubah dari yang semula hanya bakal calon menjadi calon. “Jadi tinggal berjuang,” katanya.

Sementara Nurhasan yang merupakan pasangan Vera mengatakan penetapan kali ini adalah hasil jerih payah dari tim sukses Koalisi Serang Cantik. Syafrudin mengaku puas dengan ketetapan yang dilakukan KPU Kota Serang.

Ke depan ia bertekad akan mengikuti aturan main yang ditetapkan oleh KPU Kota Serang. Ia mengatakan keberhasilan ini bukan semata usahanya melainkan juga berkat dukungan masyarakat. “Mudah-mudahan penetapan ini merupakan awal dari kemenangan,” tuturnya tersenyum.

Subadri Usuludin yang merupakan pasangan Syafrudin bersyukur telah ditetapkan sebagai calon. Ia mengaku optimis akan bisa memenangkan Pilkada Kota Serang. Tak ada niatan apa pun dalam pencalonanya kali ini selain ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Serang.

Calon Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengharapkan pilkada 2018 berjalan dengan lancar dan aman."Kita harus terus mensosialisasikan mengenai pilkada kepada seluruh elemen masyarakat demi meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada. Semoga nantinya dapat berjalan dengan aman, lancar dan dapat menghasilkan pemimpin yang dapat melaksanakan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lebak," katanya. (tohir/purnama)


Beri komentar


Security code
Refresh