Banten Sport
Trending

Jelang SEA Games Vietnam 2021, Mental dan Stamina Petinju Pelatnas yang Berlatih di Banten Meningkat

SERANG, BANTEN RAYA – Pemusatan latihan nasional (pelatnas) cabang olahraga tinju SEA Games Vietnam tahun ini di Akademi Banten Boxing, Kecamatan Taktakan, Kota Serang telah memasuki minggu kedua. Perkembangan Tim Putih yang berlatih di Banten menunjukkan tren yang positif dimana mental dan stamina petinju semakin meningkat.

Pelatih tinju Tim Putih SEA Games Vietnam Ucok Sitompul mengatakan, sejak awal mengikuti pelatnas, tim pelatih telah mengadakan tes fisik terhadap atlet. Hasilnya VO2maks atlet bagus bahkan ada yang melampaui target. Kata dia, VO2maks rata-rata ada di angka 50 lebih. 

“Kami gembira sebab atlet bisa menjaga VO2maksnya. Kami akan maksimalkan agar nantinya mereka semakin bagus dengan program latihan yang telah kami susun bersama pelatih lainnya,” kata dia. 

Related Articles

Ia memuturkan, untuk saat ini latihan yang dijalani atlet tahap fisik umum. Dengan sudah bagusnya stamina dia tidak mau petinju terlena dan diharapkan terus meningkatkan kemampuannya agar bisa dalam kondisi prima nantinya. 

Fisik memang harus terus dilatih sebab berkaitan dengan stamina saat mereka bertanding. Dengan latihan yang rutin dan bertahap, target Ucok atlet bisa tampil pada performa puncak menjelang seleksi antara Tim Putih dan tim merah yang melakukan pemustaan latihan di Batam.

“Kami mempunyai waktu yang panjang dan saya pribadi ingin fisik dan ketahanan mereka terus meningkat,” ungkapnya.

Selain fisik yang mengalami kemajuan, dari sisi mental bertanding sembilan atlet yang berlatih di sasana Banten Boxing juga terus berkembang. Mental tanding juga memegang peranan penting bagi atlet. 

Jika mental tanding bagus maka siapapun lawan yang akan dihadapi maka atlet dalam kepercayaan diri yang tinggi. 

“Evaluasi yang kami lakukan atlet percaya dirinya tinggi dan mental tandingnya juga semakin bagus,” tegasnya.

BACA JUGA: Banten Jadi Venue Pelatnas Tinju untuk Sea Games 2021

Ia menambahkan nantinya pihaknya akan kembali menggelar tes kedua untuk melihat perkembangan sembilan atlet yang berlatih. Setelah tes maka ia sebagai pelatih kepala dan pelatih lainnya akan kembali menyusun program agar atlet tinju yang berlatih terus menunjukkan grafik yang positif. 

“Kami akan terus latihan taktik dan teknik. Latihan ini sendiri dilakukan di KONI Banten. Mereka adalah petinju terbaik di Indonesia jadi kami tinggal memanajemen mereka akan bisa tampil nantinya,” tutup Ucok. (hendra)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp