Banten SportDaerah
Trending

KONI Kabupaten Serang Minta Raperda Keolahragaan Bisa Disahkan Tahun ini

SERANG, BANTEN RAYA – DPRD Kabupaten Serang kembali memanggil sejumlah pihak untuk membahas Rancangan Peraturan (Raperda) tentang Keolahragaan di Ruang Paripurna DPRD setempat, Rabu (24/3/2021). KONI Kabupaten Serang sendiri berharap agar calon produk hukum daerah itu bisa disahkan tahun ini demi kemajuan olahraga di Kabupaten Serang

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Serang Agus Irawan mengatakan, instansinya mendukung agar perda olahraga ini dipercepat dan bisa disahkan tahun ini. Sebab sejumlah materi yang telah disusun berpihak terhadap prestasi olahraga. 

“Pada pertemuan kali kami bersama pihak terkait seperti Disporapar, KNPI, dan lainnya membahas terkait kelanjutan bahasan pertama terkait perda olahraga,” jelasnya.

Ia mengatakan,untuk memajukan olahraga prestasi perlu payung hukum yang jelas terkait untuk dana pembinaan. Sebab pembinaan memerlukan dana. 

“Kami membutuhkan dana untuk memajukan prestasi olahraga di Kabupaten Serang. Kami berterimakasih selama ini Pemkab Serang terus mendukung KONI Kabupaten Serang untuk meraih prestasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam perda keolahragaan ini ada aturan bahwa 2 persen dari APBD dipergunakan untuk dana olahraga. Menurutnya ini sangat positif sehingga setiap tahun mengetahui pasti jumlah pembinaan yang ada. Jadi pihaknya juga bisa memaksimalkan dana untuk pembinaan olahraga prestasi. 

“Dana 2 persen dari APBD bukan untuk KONI saja melainkan dibagi dengan badan olahraga yang lain seperti federasi olahraga rekreasi, Bapopsi, paralimpik dan lainya. Saya rasa mereka juga setuju dengan adanya aturan ini karena bisa untuk pembinaan olahraga di masing masing organisasinya,” jelasnya.  

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Serang Pujiyanto juga mendukung perda keolahragaan. Kata dia perda bagaikan oase di tengah gurun dalam arti jika memang disahkan maka pengurus olahraga mempunyai kepastian dana pembinaan untuk instansi olahraganya. 

“Kami mendukung dan berharap agar tahun ini perda ini terwujud,” tutupnya. (hendra)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp