Banten Sport
Trending

Pelatda PON Papua Sepak Takraw, Perdalam Teknik dan Strategi Jelang PON

SERANG, BANTEN RAYA – Memasuki bulan Maret ini atlet PON Banten cabang sepak takraw mulai masuk persiapan khusus yakni melatih teknik dan strategi bertanding. Diharapkan kemampuan atlet semakin meningkat sehingga nantinya tampil dalam performa puncak di PON Papua dan berhasil membawa pulang medali.

Pelatih Muchlis Ali mengatakan, setelah menjalani latihan umum dan fisik atlet meningkat maka program lanjutan yang dijalankan adalah masuk persiapan khusus yang meliputi teknik dan strategi. Dalan latihan khusus ini anak-anak asuhnya di fokuskan untuk melatih teknik. “Latihan fisik juga terus kami jalankan. Kami kombinasikan latihan fisik dengan latihan khusus agar stamina anak-anak tidak turun lagi,” ujarnya.

Latihan teknik yang dijalankan antara lain cara memblok bola, melakukan smash di daerah pertahanan lawan, maupun menambah kecepatan tendangan. Agar sempurna setiap menjalani latihan fisik pemain langsung kami latih satu persatu. Jika salah maka akan diulangi lagi latihannya agar mereka semakin terampil. “Latihan ini membutuhkan ketepatan dan filing jadi harus dilatih setiap hari agar insting mereka tajam nantinya saat berlaga atau menjalani laga uji coba,” kata Muchlis.

Untuki jadwal latihan memang bervariasi pagi dan sore. Dalam satu minggu mereka berlatih hampir 6 hari dan libur satu hari untuk memulihkan stamina. Dengan latihan yang bervariasi ini juga untuk mengurangi kejenuhan atlet selama berlatih mandiri. Untuk latihan sendiri diadakan di beberapa tempat di Cilegon atau di Kota Serang. “Kami terus gembleng atlet harapan kami stamina bagus dan teknik bagus. Oleh karena itu kami juga menggelar pertandingan internal saat latihan untuk melihat kemampuan individual atlet. Kalau ada yang kurang kami terus perbaiki,” tegasnya.

Selama berlatih di masa pandemi korona pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat. Latihan yang dijalankan tidak bercampur dengan masyarakat atau atlet lain. Latihan memilih tempat yang aman yang jauh dari keramaian. “Lokasi latihan kami khusus dan hanya dipakai atlet. Kami juga menjaga jarak serta menerapkan protokol kesehatan agar anak-anak terhindar dari korona. Kami juga telah di vaksin bersama atlet PON Banten lainnya di RSUD Banten dan semoga ini bisa memutus dan mencegah atlet terkena korona,” tutupnya. (hendra)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp