Banten Sport
Trending

Tim Biliar Banten Fokus Uji Coba Sebelum ke PON Papua

SERANG, BANTEN RAYA – Tim biliar Banten yang akan berlaga di PON Papua tahun ini tengah fokus untuk uji coba untuk meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti turnamen.

Oleh karena itu saat ini atlet biliar Banten seperti Putri, Ari K Raya, Braja, dan lainnya terus berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen dengan berlatih intensif di Banten.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengprov POBSI) Banten John Hendrik menuturkan, untuk olahraga biliar merupakan olahraga terukur jadi yang diprioritaskan adalah meningkatkan kemampuan atletnya agar kemampuannya terus menjadi baik.

“Kami terus mengasah teknik para atlet dengan menerjunkan mereka ke turnamen yang tingkatnya nasional atau antar provinsi. Saat pandemi korona ini ada beberapa turnamen dan kami siap mengikuti turnamen ini. Salah satu yang terdekat bulan Maret kami akan berlaga di Yogjakarta,” ujarnya.

Ia mengatakan, uji coba saat ini menjadi menu utama lantaran sebagai evaluasi kelemahan atlet. Di turnamen yang diikuti, ia bersama pelatih melihat perkembangan atlet. Jika memang masih ada yang kurang misalnya ketepatan membidik atau memasukan bola kurang bagus maka usai kejuaraan sektor ini yang akan diperbaiki.

“Kalau latihan mereka bertemu dengan sesama atlet Banten. Kalau di turnamen nasional maka mereka bertemu dengan atlet yang kekuatannya seimbang. Disini mereka bisa mengatur strategi dan bermain maksimal untuk memenangkan laga,” jelasnya.

Keuntungan lainnya yang didapat beruji coba di turnamen tingkat nasional yakni tim Banten mengetahui gambaran lawan yang akan dihadapi nantinya. Tim juga bisa membaca strategi dan mencari solusi kelemahan lawan untuk bisa mengalahkan mereka saat bertanding nantinya di PON Papua.

“Kami juga butuh membaca kekuatan lawan yang akan kami hadapi nantinya. Jika kami bertemu kami bisa melakukan evaluasi dan mengetahui permainan lawan. Ini akan menjadi bahan untuk strategi nantinya,” imbuh John.

Ia menambahkan selama berlatih dan mengikuti turnamen ia menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan korona. Pada olahraga biliar sendiri tidak melibatkan banyak orang hanya atlet dan wasit jadi aman. “Saat laga juga menjaga jarak karena atlet yang bermain bergantian. Saat latihan kami juga menerapkan protokol kesehatan,” tutup dia. (hendra)

 

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button
× Chat Via WhatsApp