Daerah
Trending

Bacaan Niat dan Doa Berbuka Puasa

SERANG – Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021. Ketetapan awal puasa itu diputuskan dalam sidang isbat yang digelar di Kantor Kementrian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021).

Puasa Ramadan wajib dilakukan umat Islam, sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan atau jalan jauh. Selain itu, wanita yang suci dari haid dan juga nifas.

Puasa Ramadan dilaksanakan sebulan penuh, sekitar 29 sampai 30 hari. Tak hanya soal menahan lapar dan haus dari sebelum terbit fajar hingga terbenamnya matahari, puasa Ramadan juga perihal spiritual untuk menjadi individu yang lebih baik.

Seperti dilansir liputan6.com, Allah SWT menjelaskan kewajiban puasa Ramadan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ (183)قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (183).

Untuk menjalankan puasa Ramadan harus disertai niat. Niat puasa Ramadan haruslah diucapkan saat sebelum terbitnya fajar atau saat malam hari, sebelum memulai berpuasa.

Berikut niat puasa Ramadan yang secara umum digunakan oleh banyak orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa.

Artinya:

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Doa buka puasa Ramadan

Doa buka puasa diucapkan saat akan membatalkan puasa ketika matahari terbenam. Selain itu, waktu buka puasa juga ditandai dengan kumandang adzan magrib.

Berikut ini adalah doa buka puasa yang sering digunakan.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya:

Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih. (lpe)

 

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp