DaerahKesehatan
Trending

BPJS Sarankan Pekerja yang Dirumahkan Bayar Iuran Asuransi Sendiri

SERANG, BANTEN RAYA – BPJS Kesehatan menyarankan pekerja yang dirumahkan oleh perusahaan dan digantung nasibnya agar pindah kepesertaan dari pekerja penerima upah, menjadi peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah. Hal ini untuk memastikan agar pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan tetap dapat diakses.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang Nur Hudhori Arif mengungkapkan, di masa Covid-19 melanda seperti saat ini banyak badan usaha swasta yang merumahkan sejumlah pegawai yang ada guna mengurangi beban perusahaan. Namun upaya merumahkan pegawai ini kerap menimbulkan masalah karena sikap perusahaan tidak jelas terhadap nasib para pegawai yang dirumahkan. Salah satunya adalah kepesertaan para pegawai sebagai peserta BPJS Kesehatan.

“Pada masa pandemi di mana perusahaan merumahkan pegawai mereka lantas tidak membayar iuran BPJS Kesehatan pekerja yang dirumahkan itu,” kata Arif, Minggu (28/3/2021).

Nasib para pegawai yang dirumahkan ini sebetulnya tidak jelas. Mereka disebut masih merupakan pekerja, tetapi tidak diberikan pekerjaan dan tidak diupah. Sementara bila disebut diberhentikan, status mereka juga masih terdaftar sebagai pekerja di badan usaha tersebut dan tidak menerima surat pemutusan hubungan kerja. Pada posisi semacam ini para pegawai yang paling dirugikan, karena mereka tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan atas kepesertaan mereka di BPJS Kesehatan.

Untuk itu, Arif menyarankan agar mereka mendaftar sebagai peserta mandiri di BPJS Kesehatan sehingga bila sewaktu-waktu memerlukan pelayanan kesehatan mereka akan langsung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Dibandingkan mereka menunggu sikap perusahaan membayar iuran yang juga tidak jelas kapan akan dilakukan. 

“Mereka bisa daftar sebagai peserta mandiri lalu setelah 14 hari membayar iuran dan kartu langsung aktif,” katanya.

Humas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang Juanda mengungkapkan, bila berita acara kunjungan dari BPJS Kesehatan sudah dilimpahkan ke petugas pemeriksa BPJS Kesehatan, maka petugas tersebut akan kembali mendatangi perusahaan bersama dengan petugas pemeriksa dari dinas tenaga kerja setempat. Dengan cara seperti ini diharapkan perusahaan segera membayarkan iuran BPJS Kesehatan para pekerja mereka. (tohir/rahmat) 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp