DaerahPemprov BantenPendidikan
Trending

Catat! SBMPTN Dibuka Mulai Maret

SERANG, BANTEN RAYA – Masa pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) UIN Jakarta akan dibuka mulai 15 Maret hingga 1 April 2021 mendatang. Sistem tersebut akan menjaring seluruh siswa lulusan sekolah menengah, seperti MA, SMA, SMK dan sederajat.

Berdasarkan data yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), penyelenggara SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, calon peserta adalah para lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021. Artinya, siswa lulusan di atas tiga tahun ke bawah dipastikan tidak akan diterima.

UTBK-SBMPTN akan digelar serentak secara nasional yang diikuti oleh 85 PTN, termasuk perguruan tinggi Islam di bawah Kementerian Agama, sebagai peserta. Calon peserta yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN, menurut ketentuan LTMPT, setidaknya ada delapan tahapan yang harus dilakukan. 

Tahapan tersebut diantaranya adalah calon peserta harus terlebih dahulu terdaftar di akun LTMPT yang dimulai pada 7 Februari hingga 12 Maret 2021. Untuk proses registrasi ini calon peserta bisa mengakses di laman https://portal.ltmpt.ac.id; setelah registrasi akun LTMPT. Calon peserta harus melakukan login menggunakan username atau email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp