DaerahPemprov Banten
Trending

Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Dukung Vaksinasi Covid-19

SERANG, BANTEN RAYA – Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) mendukung program vaksinasi Covid-19 yang diluncurkam oleh pemerintah. Bahkan para pengurus siap untuk diberi suntikkan produk medis tersebut. 

“Insya Allah divaksin, pada prinsipnya FSPP mendukung,” ujar Presidium FSPP Anang Azhari Ali usai pembukaan rapat kerja II FSPP di Gedung Negara Provinsi Banten, Kota Serang, Selasa (19/1/2021). 

Ia menuturkan, saat ini pemerintah telah menuruti harapan masyarakat terkait pelaksanaan vaksinasi. Salah satunya adalah mengabulkan harapan agar Presiden dan kepala daerah yang menerima vaksin lebih dulu. 

“Vaksinasi itu sebagaimana keinginnan masyarakat ya presiden dulu. Presiden sudah kemudian pimpinan daerah dulu lah, daerah sudah. Nah sekarang terserah kebijakan pemerintah kepada siapa selanjutnya dan sifatnya tidak memaksa kok,” katanya. 

Menurutnya, saat ini tidak ada paksaan bagi masyarakat untuk divaksin. Oleh karenanya, setiap warga negara berhak untuk menerimanya dan sebaliknya. 

“Tidak dipaksa walaupun menurut undang-undang harus dilakukan oleh setiap individu masyarakat. Tetapi undang-undang ini belum dijalankan oleh pemerintah. Menunggu vaksin ini betul-betul dirasakan manfaatnya. Nah kalau sudah dirasakan manfaatnya baru undang-undang diberlakukan. Bahwa setiap warga Indonesia wajib divaksin,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu Anang menuturkan, FSPP juga diminta oleh Gubernur Banten Wahidin Halim untuk ikut menyosialisasikan program vaksinasi Covid-19. 

“Gubernur minta bantuan kepada kiai pondok pesantren melalui wadah FSPP ini menjelaskan kepada masyarakat. Itu sehingga tidak lagi yang namanya tidak percaya kepada pemerintah, katakanlah ada penolakan kepada pemerintah. Memang yang menginformasikannya tidak hanya pemerintah tapi juga para kiai,” tuturnya.

Seperti diketahui, program vaksinasi Covid-19 di Banten telah dimulai sejak pelaksanaan pencanangan vaksin Covid-19 di Pendopo Bupati Tangerang pada 14 Januari lalu. Saat itu para kepala daerah se-Banten dan pejabat Forkopimda tingkat Provinsi Banten menerima suntik vaksin pertama. 

Selanjutnya kini para tenaga kesehatan (nakes) sedang dilakukan vaksinasi. Untuk tahap pertama termin kesatu terdapat dua daerah yang ditunjuk untuk menjalankannya yaitu Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp