Daerah
Trending

FSPP Banten Siapkan Program Digitalisasi Pesantren

SERANG, BANTEN RAYA- Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten menyelenggarakan rapat koordinasi sekaligus renungan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, Selasa (1/6/2021). Hal tersebut dilakukan untuk mengawal ideologi Pancasila di Indonesia, khususnya Provinsi Banten. Selanjutnya, ditetapkan pula 4 program prioritas, salah satunya adalah digitalisasi pesantren.

Ketua Presidium FSPP Provinsi Banten KH Anang Azharie Alie mengatakan, Pancasila lahir dalam satu tarikan napas dengan peristiwa 22 Juli dan 18 Agustus 1945. Ditegaskannya, posisi FSPP sebagai organisasi perkumpulan kyai pimpinan pondok pesantren yang ada di wilayah Banten.

Selanjutnya, FSPP berasaskan Islam dengan menjunjung tinggi dan mengawal pelaksanaan ideologi Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“FSPP mengutamakan silaturahim dalam penyelesaian masalah dan terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pihak dalam upaya pemberdayaan pesantren dan komunitasnya,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal FSPP Provinsi Banten Fadlullah menjelaskan, bahwa dalam rapat koordinasi pengurus FSPP yang digelar hari ini menetapkan 4 program prioritas. Pertama, musabaqoh qiraatul kutub, kitab yang dilombakan adalah karya Syeikh Nawawi Al Bantani. Kedua, pendidikan kader kyai, misi pendidikan kader kyai adalah pengembangan wawasan keilmuan, keislaman, dan kebangsaan yang bersumber dari kitab kuning.

BACA JUGA: FSPP Banten Usulkan Pengelolaan Zakat Berbasis Masjid dan Ponpes

Kemudian yang ketiga, pendidikan kader wirausaha. Santri dilatih menjadi penggerak ekonomi berbasis pesantren dan komunitas. Terutama dalam bidang ketahanan pangan, pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, dan perkebunan. Keempat, pelatihan digitalisasi pesantren.

“Trendi atau pesantren digital adalah upaya FSPP Provinsi Banten mengarahkan warga pesantren memasuki era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut turut dihadiri anggota presidium FSPP Banten yaitu KH Sulaiman Effendi, Syamsul Ma’arif dan KH M Shodiqin. Bendahara umum FSPP KH Bukhori Arsyad. Hadir juga Ketua dan Sekretaris Departemen FSPP Provinsi Banten. (dewa)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp