DaerahPemprov Banten
Trending

Gawat! Gubernur Sebut Pemprov Banten Diprediksi Kehabisan Uang di November

SERANG, BANTEN RAYA- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyebut jika Pemprov Banten bakal kehabisa dana belanja daerah pada November mendatang. Hal tersebut lantaran minimnya pemasukan daerah akibat pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

“Kondisi ekonomi kita belakangan ini dan pemerintah tidak punya cukup uang. Analisa kita kemarin, bukan bermaksud menakut-takuti. Kita membuat beberapa skema, November kita enggak ada uang,” ujarnya dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Banten di Sekretariat DPRD Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (24/6/2021).

BACA JUGA: Pemprov Banten Batalkan Pinjaman Rp4,1 Triliun ke PT SMI

Seperti diketahui, berdasarkan Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang APBD Tahun Anggaran 2021, tercatat belanja daerah senilai Rp15,94 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp4,1 triliun direncanakam diperoleh dari pinjaman daerah pada program pemulihan ekonomi nasional (PEN) daerah ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Mantan Walikota Tangerang itu menegaskan, menindaklanjuti kondisi tersebut maka pihaknya berencana untuk memangkas sejumlah pembiayaan, salah satunya adalah tunjangan kinerja (tukin) ASN Pemprov Banten.

“Jadi kita prihatin dengan kondisi kita belakangan ini. Di sini saya mengeluh, bukan berarti mengeluh tapi yang saya sampaikan memang kita harus prihatin dengan kondisi belakangan ini,” katanya.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banten Raya Channel

WH menegaskan, bahwa pihaknya tidak akan menyerah dengan situasi yang ada.

“Pemprov tetap bersama berupaya semaksimal mungkin. Saya menjadi birokrat selama 40 tahun tapi baru kali ini saya mengalami cultural shock dan masyarakat juga demikian,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button