DaerahPemprov Banten
Trending

Gubernur, Anggota DPRD dan ASN Pemprov Banten Belum Gajian

SERANG, BANTEN RAYA – Gubernur dan Wakil Gubernur, anggota DPRD Banten serta ASN Pemprov Banten belum menerima gaji untuk bulan ini. Hal tersebut terjadi lantaran adanya perubahan pada sistem pengelolaan keuangan Pemprov Banten yang membutuhkan penyesuaian. 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, keterlambatan distribusi gaji juga dialami oleh ASN di lingkup Pemprov Banten. Selain ASN kondisi serupa juga berlaku bagi pembayaran gaji 85 anggota DPRD Banten. Bahkan ia tak menampik Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy bernasib sama.

Dijelaskannya, hal itu terjadi lantaran adanya penyesuaian sistem aplikasi baru yaitu sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) yang mulai diberlakukan di 2021. 

“Perlu penyesuaian dan ini bukan Pemprov Banten saja, tapi hampir semua daerah yang menggunakan aplikasi SIPD belum dapat membayarkan gaji,” ujarnya melalui aplikasi whatsapp messenger, Kamis (7/1/2021).  

Mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lebak itu menuturkan, atas kondisi tersebut bagi ASN yang memiliki tanggungan kredit diperkenankan meminta surat keterangan dari atasan jika memang diperlukan.  

“Jika yang bersangkutan meminta surat keterangan terkait hal tersebut dari atasannya ya bisa saja. Atasan memberi penjelasan atau surat keterangan dimaksud perihal adanya keterlambatan pembayaran gaji karena proses peralihan sistem dari pusat,” katanya. 

Meski demikian, pembayaran gaji sendiri sudah bisa didistribusikan pada hari ini. Adapun kebutuhan pembayaran gaji di lingkup Pemprov Banten per bulannya mencapai sekitar Rp56 miliar. “Besok (8/1/2021) diupayakan bisa pada gajian,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp