DaerahKesehatanPemprov Banten
Trending

Gubernur Banten Akhirnya Bisa Divaksin, Sinovac Dapat Digunakan untuk Lansia

SERANG, BANTEN RAYA – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) kini sudah bisa disuntik vaksin jenis Sinovac. Sebab, produk medis tersebut telah mengantongi sertifikat keamanan untuk disuntikkan ke orang dengan umur di atas 60 tahun atau lanjut usia (lansia).

Seperti diketahui, WH sebelumnya tidak ikut program vaksinasi pada kegiatan pencanangan vaksin Covid-19 di Pendopo Bupati Tangerang pada pertengahan Januari lalu. Saat itu prasyarat penerima vaksin adalah dalam rentang usia 18 hingga 59 tahun. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, saat ini vaksin jenis Sinovac kini sudah bisa dipakai untuk di atas 60 tahun. Hal itu seiring dengan telah terbitnya sertifikat keamanan tentang penggunaan vaksin untuk rentang usia tersebut. 

Hal itu telah ditindaklanjuti dengan melakukan vaksinasi terhadap seluruh tenaga kesehatan (nakes) lansia sejak awal pekan lalu. Sasarannya ada sebanyak 453 orang. Nakes yang memenuhi syarat untuk disuntik vaksin pun diwajibkan mengikutinya. 

“(Nakes) lansia sudah semua (divaksin). Tetapi (ada yang) tidak divaksin karena dia tidak memenuhi syarat (tak lolos skrining atau memiliki penyakit penyerta-red),” ungkapnya, kemarin. 

Soal apakah itu artinya Gubernur Banten bisa ikut divaksin, Ati tak membantahnya. Meski demikian, dia belum mengetahui kapan orang nomor satu di Banten itu akan divaksin karena hal tersebut bergantung dari kesiapan yang bersangkutan. 

“Bisa divaksin, kan di atas 60 tahun vaksin Sinovac (sudah bisa digunakan),” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp