DaerahPemprov Banten
Trending

Gubernur Banten Izinkan Warga Salat Id Berjemaah di Masjid, Asal……

SERANG, BANTEN RAYA- Gubernur Banten Wahidin Halim mempersilakan masyarakat Banten untuk menjalankan ibadah salat id berjemaah di masjid. Walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pria yang akrab disapa WH itu menegaskan, penyelenggaraan salat hari raya itu tetap harus mematuhi ketentuan. Masjid diminta mempersiapkan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat untuk mencegah terjadinya penyebaran virus korona.

“Salat Id boleh di masjid, kebijakannya yah tetap dengan protokol kesehatan,” kata Wahidin kepada wartawan di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, kemarin.

Meski diperbolehkan, mantan Walikota Tangerang itu mengaku bahwa dirinya lebih memilih menunaikan salat Id di kediamannya yang berada di Pinang, Kota Tangerang bersama keluarga.

“Salat Id karena disekat (dari Tangerang ke Serang dan sebaliknya). Saya salat di rumah saja,” ujarnya.

Sebelumnya, terkait takbir keliling di malam Idul Fitri, WH mendukung larangan yang dikeluarkan pemerintah. Hal tersebut dilakukan lantaran kegiatan tersebut dikhawatirkan bisa memicu kerumunan dan meningkatkan potensi penyebaran Covid-19. 

Seperti diketahui, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan larangan terhadap kegiatan takbir keliling tersebut. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona di masyarakat. Kendati demikian, pemerintah mempersilakan kepada masyarakat untuk menggelar takbir di masjid dan musala dengan syarat menerapkan prokes.

BACA JUGA: Ada SE Mendagri, Gubernur Banten Batalkan Semua Agenda Buka Puasa Bersama

WH menuturkan, larangan takbir keliling dilakukan lebih kepada penerapan prokes di masa pandemi Covid-19. Aktivitas itu berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Itu kan menyangkut kerumunan, itu menyangkut prokes, ya emang enggak boleh sih. Saya setuju saja. Kalau Menteri Agama bikin (larangan takbir keliling) saya setuju saja,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button