DaerahPendidikan
Trending

Ingat! Guru dan Tenaga Pendidik Wajib Miliki NUPTK, Ini Manfaatnya

SERANG, BANTEN RAYA- Guru dan tenaga pendidik diwajibkan memiliki nomor unit pendidik dan tenaga pendidikan (NUPTK). Hal tersebut dimaksudkan agar mereka bisa memgakses hak dan mendukung kariernya di dunia pendidikan. 

Demikian terungkap dalam kegiatan sosialisasi pembuatan NUPTK pendidikan khusus yang dilaksanakan secara daring, belum lama ini.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Supandi mengatakan, NUPTK adalah sebagai identitas guru dan tenaga kependidikan yang wajib dimiliki. 

Related Articles

“NUPTK merupakan nomor unit untuk semua guru dan tenaga kependidikan baik berstatus pegawai negeri sipil maupun honorer,” kata Supandi, kemarin.

Ia menjelaskan, kewajiban yang dimaksud adalah setiap guru dan tenaga kependidikan harus memiliki NUPTK yang akan menjadi landasan dalam memberikan hak kepada guru dan tenaga kependidikan seperti sertifikasi dan diklat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kendati guru memiliki kewajiban mengajar, namun guru pun harus memperhatikan jenjang karirnya,” ungkapnya.

Senada disampaikan Kasie Kurikulim Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten Nunung Nurhasanah. Ia menegaskan, kegiatan yang digelar tersebut merupakan salah satu upaya Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten untuk melakukan sosialisasi terkait dengan NUPTK.

Menurutnya, NUPTK merupakan rangkaian proses yang bersumber dari data pokok pendidikan (Dapodik), sehingga dalam mengisi Dapodik guru dan tenaga kependidikan harus benar dan valid.

“Sehingga dalam pemberian hak kepada para guru dan tenaga kependidikan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya materi yang disampaikan dari sejumlah pembicara, diharapkan menjadi pencerahan bagi guru dan tenaga kependidikan yang berkeinginan untuk mendapatkan NUPTK. 

“Kunci utama untuk jenjang karir bagi guru dan tenaga kependidikan adalah NUPTK. NUPTK sangat penting karena menjadi persyaratan untuk mengajukan sertifikasi,” ungkapnya.

Nunung menambahkan, NUPTK akan menjadi database untuk melaksanakan pelatihan guru dan tenaga kependidikan yang akan digelar oleh Kemendikbud.

“NUPTK sudah lama diinisasi oleh Kemendikbud, untuk keberadaan dan kelangsungan jenjang karir guru dan tenaga kependidikan,” imbuhnya. (satibi)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp