DaerahPemprov BantenPendidikan
Trending

Ingat! Perpanjangan Izin Operasional SMA/K dan SKh Swasta Itu Gratis

SERANG, BANTEN RAYA – Pemprov Banten menggratiskan biaya perpanjangan izin operasional sekolah pada jenjang pendidikan SMA, SMK dan sekolah khusus (SKh) swasta. Hal tersebut disampaikan Supandi, Kepala Bidang Pendidikan Khusus, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten.

Kepada Banten Raya Supandi menyampaikan bahwa perpanjangan izin operasional sekolah tersebut khusus untuk sekolah swasta yang berada di bawah wewenang Pemprov Banten. Adapun izin perpanjangan operasional sekolah tersebut berlaku selama tiga tahun.

Ia menjelaskan, ada 20 persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah, diantaranya adalah mengajukan permohonan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten. Dokumen yang diajukan terdiri atas susunan organisasi sekolah, surat kuasa dari yayasan kepada kepala sekolah, izin mendirikan bangunan, izin lokasi dan surat pengantar dari knator cabang dinas pada Dindikbud Banten.

“Pendaftaran dilakukan secara online, dan semua persyaratan pun diupload ke laman oss.go.id milik DPMPTSP Provinsi Banten,” kata Supandi usai melakukan visitasi ke salah satu SKh swasta di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, kemarin.

Mantan pengawas sekolah itu mengaku, Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten memiliki kewajiban untuk memvalidasi perpanjangan ijin sekolah sesuai dengan kewenanganya. Hasil verifikasi dan validasi disampaikan lewat DPMPTSP.

Proses perijinan melalui oss.go.id, lanjutnya, bertujuan untuk memberikan legitimasi terhadap sekolah. Dalam kesempatan itu, Supandi juga meminta kepada sekolah yang tidak atau belum mengurus perijinan melalui oss.go.id agar segera menghubungi pengawas sekolah masing masing.

Masih kata Supandi, laman oss.go.id ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018. Tujuanya agar sekolah mendapatkan legitimasi tercatat oleh pemerintah baik daerah maupun pusat. Sekolah yang dapat legitimasi dibuktikan dengan surat keterangan komitmen dari kantor DPMPTSP.

“Saya mengimbau kepada pengelola SKh swasta di Banten agar sekolah swasta dari tingkat TK, sampai dengan SMA, SMK, dan SKh yang ijinnya sudah habis, agar segera mengurus perpanjangan ijin, sehingga delapan standar pendidikan bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil visitasi ke SKh swasta di Mandalawangi, Supandi mengatakan, bahwa sekolah tersebut sekolah ada dan jelas, kepala sekolah dan guru ada, peserta didik ada, tenaga kependidikan dan opertator ada dan pengurus yayasan ada. “Artinya sarana dan prasarana sekolah sudah memadai,” imbuhnya. (satibi)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp