Daerah
Trending

Jangan Lupa Dibayar, Ini Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

SERANG- Zakat fitrah merupakan zakat diri yang harus dibayarkan oleh setiap muslim. Adapun besaran dari zakat yang perlu dikeluarkan tersebut ialah setara dengan satu sha’ makanan pokok.

Agar kewajiban tersebut sah dilakukan serta mampu mendatangkan pahala, maka umat muslim dianjurkan untuk membaca niat zakat fitrah dan doa zakat terlebih dulu.

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa setiap amalan ibadah sebaiknya diawali dengan meluruskan niat ataupun dengan membaca basmallah untuk memohon rida Allah SWT. Oleh karenanya, saat hendak membayarkan zakat fitrah, maka umat muslim juga perlu membaca niat zakat fitrah dan doa zakat fitrah.

Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Doa Zakat Fitrah yang Dapat Diamalkan seperti dilansir kumparan.com

Dikutip dari Fiqh Islam (Sulaiman Rasjid) (2019: 209), zakat fitrah sendiri akan lebih utama jika dibayarkan pada malam Idul Fitri atau pada malam takbiran yang diawali dengan berniat terlebih dulu. Meskipun begitu, namun zakat fitrah juga tetap dapat ditunaikan umat muslim sampai batas sebelum menjalankan salat Idul Fitri.

Dalam praktiknya sendiri, pengamalan niat zakat fitrah dan doa zakat fitrah dapat dilafalkan dengan lisan agar semakin afdal.

Adapun bacaan niat yang dapt diamalkan umat muslim ialah sebagai berikut:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya, “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Ta’ala.”

Selain bacaan niat tadi, umat muslim juga dapat melafalkan bacaan niat zakat fitrah berikut ini jika memiliki tanggungan keluarga yang belum atau bisa berniat sendiri:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻨِّﻰْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُﻨِﻰْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟِﻠّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri ‘anni wa ‘an jamii’i maa yalzamunii nafaqotuhum syar’an fardho lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Agar semakin afdal, maka setelah membaca niat berzakat kita juga dapat memanjatkan doa zakat fitrah berikut ini untuk memohon rahmat dan rida dari Allah SWT:

Allahumma ij’alha maghnaman, wa la taj’alha maghraman.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah zakat fitrah tersebut sebagai tabungan, dan jangan jadikan sebagai utang.”

BACA JUGA: Warga Pandeglang Jangan Lupa Zakat Fitrah, Besarannya Rp30 Ribu atau 3,5 Liter Beras

Demikian ulasan singkat tentang bacaan niat zakat fitrah dan doa zakat fitrah yang dapat diamalkan keluarga muslim untuk menjalankan kewajibannya terhadap perintah Allah SWT. Semoga ulasan tadi dapat bermanfaat. (HAI)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp