DaerahKesehatanPemprov Banten

Jatah Vaksin Banten Berkurang Hampir 3 Juta Warga Sasaran

SERANG, BANTEN RAYA – Jatah vaksin Covid-19 Provinsi Banten Berkurang untuk nyaris 3 juta warga sasaran. Jika awalnya mendapat kuota 8,1 juta, kini menyusut menjadi hanya 5,4 juta warga sasaran. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, untuk saat ini kebijakan terkait vaksin dari pemerintah pusat masih berubah-ubah. Sebab, kondisi dari sisi produksi masih belum pasti.

“Awalnya 8 juta (warga sasaran) gratis kemudian berubah menjadi 1,5 juta gratis dan 3,9 juta mandiri. Tetapi kemarin tiga hari lalu ada wacana semua gratis,” ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Mantan Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu menuturkan, untuk target sendiri vaksin sudah bisa disuntikkan pada Januari mendatang. Untuk sasaran pertama vaksinasi akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 43.000 sasaran.

“Januari baru untuk nakes 43.000. Saat ini mereka sedang mengisi sistem informasi kesehatan. Dari data itu akan terlihat mana-mana saja nakes yang akan divaksin. Dari situ terlihat riwayat kondisi kesehatannya,” katanya. 

Untuk jenis vaksin sendiri, kata dia, Banten akan mendapat Sinovac. “Untuk vaksin jenis Sinovac sendiri diperuntukkan bagi usia 18 sampai 59 tahun,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan vaksinasi Covid-19. Sebab, Pemprov Banten belum menerima vaksin tersebut yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. “Vaksinasi belum turun, kuotanya dari nasional,” ujarnya. (dewa)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: