DaerahPemprov BantenPendidikan
Trending

Kesejahteraan Guru dan Kepsek Jadi Program Prioritas Dindikbud Banten

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten tahun ini tidak hanya fokus terhadap peningkatan pelayanan dalam bidang pendidikan. Mereka juga menaruh perhatian khusus untuk memberikan kesejahteraan kepada guru dan kepala sekolah (kepsek). 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dindikbud Banten Tabrani usai menghadiri rapat secara daring yang diselenggarakan Bidang Pendidikan khusus pada Dindikbud Banten dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) pada pendidikan khusus, kemarin. 

Kepada Banten Raya, Tabrani menyampaikan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini kegiatan rapat melalui daring menjadi pilihan yang tepat. Baik dalam melakukan koordinasi maupun sosialisasi program agar diketahui oleh kepada sekolah pendidikan khusus negeri dan swasta se-Banten.

Salah satu sosialisasi yang disampaikan dalam rapat daring tersebut adalah sesuai dengan arahan dan kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Bahwa Dindikbud Banten tahun ini akan membangun dua sekolah khusus negeri di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Selain itu, kami juga akan memperhatikan kesejahteraan guru dan kepsek, untuk memberikan insentif,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Dalam kesempatan itu, Tabrani juga menyampaikan bahwa kepala sekolah pendidikan khusus memiliki kewenangan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring dengan menggunakan metodologi dan improvisasi yang sesuai dengan kondisi sekolah.

Senada disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten, Supandi. Dijelaskannya, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh kepala sekolah khusus negeri dan swasta se-Banten. Kegiatan itu bertujuan untuk menyosialisasikan sejumlah rangkaian program kerja bidang pendidikan khusus di 2021 ini.

Ia menyampaikan bahwa secara umum kegiatan tersebut membahas mengenai tugas kepala sekolah selaku manajer sekolah yang harus memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Untuk mendapatkan NUKS tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bidang Ketenagaan pada Dindikbud Banten.

Supandi menjelaskan, NUKS adalah nomor khusus yang dikeluarkan dan dicatat dalam database nasional oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penjamin mutu penyelenggaraan penyiapan calon kepala sekolah/madrasah.

Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai kewajiban yang harus dilakukan kepala sekolah, yaitu membuat laporan kerja dan laporan penggunaan anggaran. Laporan tersebut disampaikan kepada kasie terkait.

Di lokasi yang sama, Ketua MKKS SKh Achmad Farid mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk meningkatkan sinergitas antara guru, kepala sekolah dan Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten. (satibi)

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp