Ekonomi & BisnisKota Cilegon
Trending

2022, Kecamatan Ciwandan Pulihkan Ekonomi dan Reformasi Sosial

CILEGON, BANTEN RAYA – Pemerintah Kecamatan Ciwandan baru saja melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbancam) Ciwandan tahun 2022. Kecamatan Ciwandan akan memprioritaskan pemulihan ekonomi dan reformasi sosial.

Camat Ciwandan Agus Ariyadi mengatakan, pada 2022 Kecamatan Ciwandan akan memprioritaskan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 dan reformasi sosial yang mencakup sistem kesehatan, sistem pendidikan, dan ketahanan bencana di masa pandemi Covid-19.
“Dalam pemulihan ekonomi,
Kecamatan Ciwandan akan mendorong agar masyarakat produktif untuk membangun kewirausahaan. Selain itu, milenial di Ciwandan kita dorong untuk produktif bertani,” kata Agus usai Musrenbangcam Ciwandan, Selasa (23/2).

Dikatakan Agus, saat ini sudah mulai tumbuh petani-petani muda yang butuh dukungan dari pemerintah. Pihaknya akan terus mendukung dan mengubah pola pikir masyarakat yang ingin bekerja di industri, bisa beralih menjadi petani.

“Penyuluhan-penyuluhan pertanian modern perlu terus didukung oleh pemerintah, selain itu pemasaran juga perlu adanya dukungan pemerintah. Di sini, pemerintah hadir, kita dorong agar para petani terus mendapat pelatihan baik pertaniannya maupun pemasarannya,” kata Agus.

Agus menjelaskan, untuk program reformasi sosial, yaitu terkait sistem kesehatan, sistem pendidikan dan ketahanan bencana yang akan terus diperbaiki. Agar pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 bisa optimal.

“Kemandirian ekonomi masyarakat dan taraf kesejahteraan hidup masyarakat, ke depan harus pulih, karena angka usia produktif masyarakat juga terus bertambah setiap tahunnya.

“Hal ini tentu perlu didukung, dengan pembukaan lapangan pekerjaan yang banyak, maupun pemerintah membantu dalam pembukaan pelatihan-pelatihan kewirausahaan,” tuturnya.

Menurut Agus, selain adanya prioritas Kecamatan Ciwandan, adanya usulan masyakat juga didorong agar menjadi masukan dalam Musrenbang tingkat Kota Cilegon 2022. Permasalahan lingkungan juga menjadi prioritas Kecamatan Ciwandan.

“Penanganan banjir jadi prioritas kami juga, selain program-program tadi. “Penanganan banjir, perlu ada normaliasi kali, dan pembuatan sodetan baru. Perlu dibuat sodetan baru di belakang Koramil Ciwandan yang mengarah ke KBS (Krakatau Bandar Samudera) dan perlu normalisasi kali di sekitar Kubangsari dan Samangraya Kecamatan Citangkil untuk kali yang mengarah ke PT Krakatau Posco,” terangnya.

Agus menambahkan, penanganan banjir di sekitar Tegal Ratu atau belakang Koramil Ciwandan, pihaknya juga telah melakukan aksi nyata dengan melakukan normaliasi kali di lokasi tersebut. “Kami bersama Forkopimcam sudah melakukan normaliasi kali beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Lurah Banjarnegara, Suhaemi mengatakan, di Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan, juga ada usulan yang disampaikan dalam Musrenbancam Ciwandan 2022. “Di Banjarnegara masih seputar infrastruktur usulanhya,” tuturnya.

Suhaemi mengatakan, pelebaran jalan lingkungan, jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Lingkar Selatan (JLS) juga menjadi usulan dalam Musrenbancam Ciwandan 2022. “Kita berharap beberapa usulan kita bisa terealisasi,” harapnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp