DaerahKota CilegonPolitik
Trending

45 Persen Dugaan Pelanggaran Pilkada Cilegon Berasal dari Medsos

CILEGON, BANTEN RAYA – Sebanyak 45 persen atau 18 dari total 39 temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pilkada Kota Cilegon 2020 berasal dari media sosial (medsos). Bahkan, hampir sebagian besarnya merupakan yang viral di medsos Facebook.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon Siswandi mengatakan, ada fenomena baru dalam Pilkada Kota Cilegon, dimana warga secara partisipasi pengawasan sangat aktif. Itu terutama saat ada potensi pelanggaran warga langsung mengunggah di medsos.

“Informasi medsos ini merupakan kategori informasi awal yang ditindaklanjuti berupa temuan Bawaslu. Ada juga beberapa diantaranya akhirnya dilaporkan sendiri oleh tim atau warga. Secara persentasi mencapai 45 persen itu informasi awal medsos,” katanya, Kamis (7/1/2021).

Sis panggilan Siswandi menambahkan, sisanya dari dugaan temuan dan laporan pelanggaran tersebut yaitu 30 persen atau sebanyak 11 dugaan pelanggaran dari pengawasan Bawaslu sendiri. Kemudian 25 persen atau sekitar 10 dugaan pelanggaran merupakan laporan dari warga.

“Tingkat partisipasi pengawasan warga sangat tinggi, jika pada pileg (pemilihan legislatif) hanya dua, sekarang total ada 39. Sebagian besarnya merupakan viral di medsos,” paparnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp