DaerahKota Cilegon
Trending

Alami Laka Kerja, WNA Asal Tiongkok Tewas Saat Bongkar Muat di Jetty Asahimas

CILEGON, BANTEN RAYA – ABK kapal MV Asian champion, Tang Zhiming (21) warga negara asing asal Tiongkok tewas setelah mengalami kecelakaan atau laka kerja saat melakukan bongkar muat garam di Jetty PT Asahimas Chemical (ASC), Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Banten Raya laka kerja yang terjadi pada Senin (14/4/2021) lalu itu, bermula saat Kapal MV Asian champion asal Singapura sandar di Jetty 3 PT ASC dengan muatan Garam yang akan di bongkar di lokasi tersebut.

Setelah sandar dan dilakukan pengecekan oleh Balai Karantina Pertanian (BPK) Cilegon serta agen kapal terkait dokumen. ABK kapal melakukan persiapan bongkar dengan mempersiapkan crane untuk proses bongkar muat kapal.

Namun saat kunci crane dibuka oleh operator, secara tidak sengaja crane mengenai tubuh Tang Zhiming hingga terpental dan tak sadarkan diri. Mengetahui hal itu, kru kapal langsung mengevakuasi korban untuk dibawa ke klinik PT ASC.

Sayangnya, luka dalam yang dialami korban cukup parah, kemudian WNA asal China tersebut dibawa ke Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM). Di sana, WNA tersebut sudah dinyatakan meninggal dunia. Atas kejadian itu, Polres Cilegon langsung melakukan penyelidikan.

Kasatreskrim Polres Cilegon AKP Arief Nazarudin membenarkan adanya kecelakaan kerja di PT ASC. Saat ini, kepolisian masih melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan negara asal korban.

“Kita sedang koordinasi, sebab beda negara,” katanya.

Arief mengungkapkan, untuk penyelidikan laka kerja tersebut masih sedikit terhambat, sebab para saksi tidak mengerti bahasa Indonesia.

“Kita masih mencari penerjemah,” ungkapnya. (darjat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp