DaerahKesehatanKota Cilegon
Trending

Angka Keikutsertaan Masih Minim, RW di Cilegon Ini Gelar Vaksinasi Mandiri

CILEGON, BANTEN RAYA – Sebanyak 176 warga di RW 07, Perumahan Rakata Asri, Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon menjalani vaksinasi mandiri, Selasa (20/7/2021). Vaksinasi pada tingkatan RW itu diklaim berjalan dengan tertib dan data lebih akurat sehingga bisa dijadikan percontohan.

Ketua RW 07, Perumahan Rakata Asri Eka Wandoro Dahlan mengungkapkan, saat vaksinasi warga datang ke lokasi berdasarkan waktu atau jadwal yang sudah ditentukan. Hal tersebut dimaksudkan guna mengurangi adanya kerumunan yang timbul saat vaksinasi seperti di tempat lainnya. Melalui vaksinasi mandiri tingkat RW juga bisa semakin memperkuat data warga yang sudah divaksin dan sebaliknya.

“Ini (vaksinasi tingkat RW-red) berjalan lebih tertib. Kami berharap ini bisa menjadi percontohan agar tidak ada kerumunan dan potensi penyebaran Covid-19 klaster vaksinasi. Kami juga punya gugus tugas yang bisa bekerja secara baik,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (20/7/2021).

Di sisi lain, imbuh Eka, adanya kegiatan tersebut juga bisa memudahkan warga menjangkau vaksinasi. Termasuk juga RW bisa memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya vaksinasi.

BACA JUGA: 7 Kabupaten/kota di Banten Masuk Zona Merah Covid-19

“Kan ada warga yang tidak mau divaksin karena masih khawatir dan lainnya, itu menjadi tugas kami untuk menjelaskan agar mau vaksin. Disamping juga karena jauh dan mengantre membuat warga enggan ikut vaksinasi massal,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Vaksinasi Mandiri yang juga Bendahara RW 07 Perumahan Rakata Asri Danang Pramudita mengungkapkan, vaksinasi dilakukan karena warga masih minim melakukan vaksinasi atau hanya di bawah 30 persen dari total 600 warga. Hal tersebut membuat pengurus RW melakukan inisiatif untuk bekerja sama dengan Rumah Sakit Kencana Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Serang untuk melakukan vaksinasi mandiri.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Awalnya karena berdasarkan survei kami warga masih minim yang ikut vaksinasi. Total ada 176 orang sekarang yang ikut vaksin dari 202 warga yang mendaftar. Itu karena sebagian tidak lulus screening kesehatan dan mengundurkan diri,” katanya. (uri)

Related Articles

Back to top button