Kota Cilegon
Trending

Asyiiiiik… Tiga Hari Setelah Dilantik, Helldy-Sanuji Langsung Gajian, Segini Nilainya..

CILEGON, BANTEN RAYA – Walikota Cilegon dan Wakil Walikota Cilegon Terpilih Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta segera dilantik pada Jumat (26/2/2021). Tiga hari setelah dilantik, pada Senin (1/3/2021) pasangan kepala daerah tersebut akan menerima gajian untuk bulan Maret 2021.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cilegon Joko Purwanto mengatakan, tiga hari setelah dilantik yaitu pada Senin 1 Maret 2021, Helldy dan Sanuji akan menerima gaji pertamanya sebagai Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. “Kepala daerah sistem gajiannya sama kaya ASN (Aparatur Sipil Negara), gajian dulu baru bekerja,” kata Joko kepada awak media, Senin (22/2/2021).

Dikatakan Joko, gaji pokok walikota besarannya hanya sekitar Rp2,1 juta. Ditambah dengan tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan beras, serta beberapa tunjangan lainnya. “Terima totalnya sekitar Rp 5,3 juta per bulan. Wakil walikota, gajinya dibawah walikota sedikit,” katanya.

Mantan Camat Citangkil ini mengatakan, fasilitas kendaraan dinas untuk Helldy-Sanuji masih menggunakan kendaraan dinas yang dulu digunakan Edi Ariadi dan Ratu Ati Marliati sewaktu menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. “Kalau kendaraan dinas, sementara menggunakan yang sudah ada, belum ada pengadaan baru,” kata Joko.

Joko menerangkan, kendaraan dinas yang saat ini ada yaitu Toyota Land Cruiser dan Toyota Camry untuk Helldy. Sanuji akan menggunakan Toyota Camry dan Toyota Fortuner. “Itu nanti diserahkan ke Pak Wali dan Pak Wakil apakah mau tetap mau pakai kendaraan itu, atau pengadaan baru. Kalau pengadaan itu di Bidang Aset pada BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah),” terangnya.

Aturan gaji, lanjut Joko, diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) 59/2000 tentang Hak Keuangan/Administrasi Kepala Daerah/Wakil Daerah dan Bekas Kepala Daerah/Bekas Wakil Kepala Daerah serta Janda/Dudanya. Sementara, untuk aturan kendaraan dinas kepala daerah diatur oleh Perpres 33/2020 tentang Standar Harga Satuan Regional.

“Itu aturannya sama untuk daerah lain juga. Seperti kendaraan dinas maksimal Rp 730 juta, kalau aturan dulu batas maksimalnya kendaraan dinas kepala daerah gaitu 2.500 cc,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Helldy Agustian mengaku bersyukur dengan gaji yang akan diterimanya. Menurutnya, tujuan utama menjadi kepala daerah juga bukan hanya mencari gaji semata. “Kita syukuri saja dengan gaji yang telah diatur, itu juga kan aturan,” katanya.

Disinggung terkait kendaraan dinas, kata Helldy, sementara juga akan menggunakan kendaraan dinas yang sebelumnya telah digunakan oleh Edi. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp