DaerahKota CilegonWisata & Kuliner
Trending

Bangkitkan Industri Pariwisata, Karyawan Hotel dan Restoran Ikuti Uji Kompetensi

CILEGON, BANTEN RAYA- Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Cilegon bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) menggelar uji kompetensi bagi karyawan hotel dan restoran di Hotel Gondang Cilegon, Senin (5/4/2021). Kegiatan tersebut diikuti 150 oleh karyawan hotel dan restoran. 

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, uji kompetensi karyawan hotel dan restoran diharapkan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan standarisasi pelayanan hotel dan restoran di Kota Cilegon. Kegiatan tersebut, juga bagian dari upaya membangkitkan industri pariwisata di Kota Cilegon di tengah pandemi Covid-19. 

“Di tengah pandemi Covid-19, kami berharap sektor pariwisata di Kota Cilegon terus meningkat okupansi hotel dan restoran,” kata Helldy ditemui usai membuka acara Uji Kompetensi Karyawan Hotel dan Restoran di Kota Cilegon, Senin (5/4/2021). 

Ia menuturkan, sektor pariwisata diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak hotel dan restoran. Dengan uji kompetensi juga diharapkan bagi karyawan hotel dan restoran bisa membuat kepuasan pengunjung meningkat. Dengan demikian, sektor pariwiasata Cilegon lebih berdaya saing. 

“Saya akan diskusi lebih panjang lagi dengan PHRI, karena saya melihat Kota Makassar PAD dari sektor hotel dan restoran menjadi salah satu penyumbang terbesar. Kami berharap Cilegon bisa seperti itu,” kata Helldy.

Di tempat yang sama, Ketua PHRI Kota Cilegon Jueni Suhada mengatakan, karyawan hotel dan restoran yang mengikuti uji kompetensi sebanyak 150 orang. Dari sekitar 2.000 karyawan hotel dan restoran di Kota Cilegon, sekitar separuhnya sudah menjalani uji kompetensi. 

“Kegiatan ini untuk memberikan ilmu agar SDM pekerja hotel dan restoran terus meningkat, apalagi hotel dan restoran kenamaan semakin tumbuh banyak di Cilegon,” ujar pria yang akrab disapa Haji Joni ini.

Ia berharap, Pemkot Cilegon ke depan juga bisa memfasilitasi uji kompetensi gratis bagi pekerja hotel dan restoran. Sebab, kegiatan uji kompetensi saat ini juga dilakukan secara gratis bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. 

“Di tengah pandemi covid-19, banyak hotel di Cilegon yang gulung tikar, tetapi ada juga yang justru baru dibuka, ini kan juga positif. Kita terus berupaya agar industri pariwisata terus tumbuh,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon Mahmudin mengatakan, Pemkot Cilegon sangat mendukung pengembangan industri pariwisata. Peningkatan pelayanan hotel dan restoran harus terus dilakukan dan pihaknya akan terus mendukung. 

“Kita siap dukung PHRI untuk meningkatkan PAD dari sektor pariwisata,” tuturnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp