DaerahEkonomi & BisnisKota Cilegon
Trending

Bangun Pelabuhan Warnasari, Helldy Pertimbangkan Tawaran PT TPT

CILEGON, BANTEN RAYA – Walikota Cilegon Helldy Agustian memertimbangkan tawaran PT Tirtasari Prima Terminal (TPT) untuk kerjasama pembangunan Pelabuhan Warnasari milik PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM). 

Dikatakan Helldy, PT TPT telah melakukan ekspos dan pemaparan company profile (CP) untuk rencana kerja sama dengan PT PCM dalam pembangunan Pelabuhan Warnasari. Sama seperti perusahaan lain, PT TPT juga menjanjikan sebuah keuntungan dengan kerja sama tersebut. 

“Saat ini belum ada keputusan untuk kerjasama tersebut, akan kami kaji dulu,” kata Helldy kepada awak media di Ruang Rapat Walikota Cilegon, Rabu (10/3/2021).

Dikatakan Helldy, pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam memutuskan kerjasama tersebut. Pemkot Cilegon akan melakukan kajian lebih mendalam. Bahkan, Ia mengaku tidak takut kehilangan jika PT TPT kabur, lantaran masih banyak investor yang tertarik dengan Pelabuhan Warnasari. 

“Pembagian laba juga belum detail disampaikan. Kami harus mengenal dulu PT TPT,” ujarnya.

Helldy mengaku akan menjalin kajian internal di Pemkot Cilegon terlebih dahulu. Ia tidak ingin asal menjalin kerjasama dengan PT TPT. 

“Kita kaji dulu, ini kan ada inflasi. Biasa saja (tidak takut kehilangan investor-red). Jangan sampai kelihatan untung tapi rugi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Dirut PT PCM Arief Rivai Madawi mengatakan, kerjsama operasi Pelabuhan Warnasari dengan PT. PCM akan dikaji terlebih dahulu oleh Pemkot Cilegon. Hal itu, agar semua pihak juga diuntungkan. “Beliau (Walikota Cilegon Helldy Agustian-red) harus mengetahui profil dulu. Kami berharap ini semua diuntungkan, dari sisi daerah diuntungkan dan dari investor ada kepastian investasi,” kata Arief.

Arief mengatakan, PT PCM telah mengadakan memorandum of understanding (MoU) dengan 12 perusahaan untuk pembangunan Pelabuhan Warnasari. Namun, menurutnya, PT TPT memunyai keseriusan dibandingkan yang lainnya. 

“TPT ini ada keseriusan menyampaikan keseriusan,” katanya.

Bahkan, kata Arief, dalam 10 tahun beroperasinya Pelabuhan Warnasari, TPT menjanjikan PCM bisa mendapatkan keuntungan Rp1,5 sampai Rp3 triliun. 

“Saat ini tidak ada target, kerjasama ini harus selesai, saat ini tinggal menunggu pemegang saham dalam hal ini walikota. Investor juga lebih suka ada kehati-hatian dari Pemkot Cilegon, agar tidak menimbulkan wacana-wacana negatif,” tuturnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp