DaerahKota Cilegon
Trending

Baru Juga Naik, Ketua RT/RW di Cilegon Malah Terancam Tak Gajian Mulai Juli, Kenapa?

CILEGON, BANTEN RAYA – Kenaikan honor ketua RT/RW sebesar Rp1 juta yang sebelumnya Rp500 ribu per bulan disebut membebani anggaran kas kelurahan.

Hal itu karena gaji April yang dibayarkan pada awal Mei lalu dengan nominal baru adalah penggabungan dari dua bulan gaji yaitu April dan Mei. Sehingga sekarang untuk gaji Mei yang dibayarkan pada Juni harus mengambil anggaran Juni dan Juli.

“Sekarang saja belum cair, itu karena anggaran tidak ada. Ini jadi beban cash budget kelurahan. Bingung saat ditanya Ketua RT dan RW, kok belum masuk honornya sampai pertengahan bulan sekarang,” kata salah seorang Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan Ketertiban Umum di salah satu kelurahan yang tidak ingin disebutkan namanya, Kamis (17/6/2021).
 
Pria itu menyampaikan, ke depan dana untuk gaji RT/RW hanya akan tersedia sampai Juni saja. Sebab, anggaran honor untuk Juni itu mengambil dari anggaran Agustus dan September yang merupakan batas triwulan III anggaran.

BACA JUGA: Honor Baru Ketua RT/RW di Cilegon Rp1 Juta Sudah Cair, Kelurahan Terpaksa Geser Sejumlah Anggaran

Dengan demikian, untuk honor Juli, Agustus dan September tidak kemungkinan tidak ada lagi anggaran untuk pembayarannya lantaran telah habis untuk menutup gaji April, Mei dan Juni.

Kekhawatiran lainnya, kata dia, yaitu belum pastinya anggaran perubahan untuk menutupi pembayaran jika terlebih dahulu ditalangi dari kas atau anggaran lainnya.

“Terus terang ini membuat kami sangat repot. Nanti dari mana bayar honornya. Jika talangi dan nantinya ditutup dengan anggaran (APBD) perubahan apakah menjamin tidak dicoret atau ditolak dewan,” keluhnya.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Dirinya menyatakan, pihaknya berharap dalam mengambil langkah kebijakan para Asisten Daerah (Asda) Sekretariat Daerah (Setda) sKota Cilegon tidak lagi membuat repot aparatur di bawah, terutama kelurahan yang selalu bersentuhan dengan masyarakat.

“Kalau mau jujur seharusnya sesuai saja dengan perencanaan anggaran, sehingga tidak repot dan akhirnya menjadi temuan masalah karena beda rencana dengan realisasi anggaran,” tukasnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp