DaerahKota Cilegon
Trending

Bekas Galian Tambang di Kalitimbang Cilegon Jadi Lautan Sampah

CILEGON, BANTEN RAYA – Lahan bekas Galian C di Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon menjadi lautan sampah. Diduga, tumpukan sampah tersebut untuk menutup galian yang memiliki kedalaman sekitar 5 meter tersebut.

Informasi yang diperoleh, bekas galian ilegal yang berada di sekitar Jalan Lingkar Selatan (JLS), tepatnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) KM 2.0. tersebut menjadi tempat pembuangan sampah ilegal baru berlangsung selama dua pekan terakhir ini. Meski baru dua pekan, namun bekas galian dengan luas hektaran tersebut sudah tertutup sampah. Kondisi itu dikeluhkan warga sekitar karena menyebabkan bau busuk.

Salah seorang warga sekitar Mbah Pyah menjelaskan, dirinya hampir setiap hari mencium bau busuk sampah yang ada di bekas galian tersebut. “Kan saya tinggal di sini,” kata perajin bata yang tinggal beberapa meter dari galian ini. 

Ia megaku, tidak berani menegur para pembuang sampah yang menggunakan kendaraan roda empat. Sebab, saat ditegur, justru dirinya diminta untuk memakai masker jika merasa bau.

“Saya tegur malah saya disuruh pakai masker sama yang membuang sampah,” katanya kepada wartawan.

Warga lainnya yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, hampir kurang lebih 15 kali mobil pick up atau bak terbuka L300 membuang sampah di tempat tersebut.

BACA JUGA: Rencana Tangsel Buang Sampah ke Kota Serang Diundur, Ada Apa?

“Kata pemiliknya itu nanti kalau sudah penuh akan ditutup pasir. Tapi penuhnya sampai kapan. Sebab, bekas galian itu dari bawah ke permukaan air kedalamannya 5 meter lebih, dan diatas permukaan air juga hampir lebih sama tingginya,” ungkapnya.

Pria ini menyatakan, tidak berani untuk melaporkan kepada pihak berwenang, sehingga ia bersama dengan keluarganya terpaksa sesekali menghirup bau busuk dari sampah itu.

“Kalau anginnya lagi ke sini aja itu baunya menyengat. Tapi biasanya anginnya ke arah berlawanan,” pungkasnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp