Kota Cilegon

Berhasil Budidayakan Bibit Anggur Impor, Pemuda Cilegon Ini Raup Jutaan Rupiah Per Bulan

CILEGON, BANTEN RAYA – Khairul Anwar (22), warga Lingkungan Meluar, Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon berhasil menjual puluhan bibit anggur yang dibudidayakannya ke seluruh Indonesia.

Dari dua jenis anggur yang ditanam Anwar, bibit anggur impor paling disukai konsumen. Ia telah mengirim anggur ini ke beberapa kota di antaranya Lampung, Aceh, Nganjuk, Padang, dan Sulawesi Barat. “Rasanya yang manis menjadikan harga pohon anggur impor berbeda jauh dengan pohon anggur lokal,” kata Anwar kepada Banten Raya, Jumat (19/2).

Dalam satu bulan Anwar mampu menjual hingga 50 bibit dan meraup keuntungan lebih dari Rp5 juta. Ia mengakui bahwa media promosi yang paling jitu saat ini adalah media online. Ia mampu dipertemukan dengan konsumen di berbagai wilayah.

Kebun seluas kira-kira 30 meter yang ia namai Rumah Anggur kini menjadi tempat pembibitan berbagai jenis pohon, seperti kelengkleng merah, pohon tin dan jambu kristal. Namun, anggur impor yang menjadi prioritas pembibitan. Saat ini jenis anggur yang bibitkan adalah Ninel, Jupiter, Nizina, Transf, Akademik, Banana, Dixon, Gos v, Carnival, Bailkonur New, dan Jack Salut.

Anwar menjual anggur impor mengikuti ketentuan dan peraturan harga di Paguyuban Petani Anggur Cilegon Serang.

“Kalo pohon (anggur) lokal biasanya saya jual Rp35 ribu, tapi yang impor harganya tergantung merek, ya kisaran Rp125 ribu sampai Rp5 juta lah,” ungkapnya.

Ke depan, kata Anwar, ia tengah mempersiapkan lingkungannya untuk menjadi kawasan wisata anggur dengan memanfaatkan halaman rumah masyarakatnya. (mg-predy)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp