DaerahKesehatanKota Cilegon
Trending

Bersiap Rogoh Kocek! Tarif GeNose di Merak Lebih Mahal dari Tiket Kapal

CILEGON, BANTEN RAYA – Tarif pemeriksaan tes GeNose untuk mendeteksi Covid-19 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon dinilai terlalu mahal. 

Mas Julianto, salah seorang penumpang kapal yang hendak menuju Lampung dari Cikande mengaku tidak tahu jika menyeberang ke Bakauheni harus menyertakan surat bebas Covid-19. 

“Saya suruh bayar GeNose Covid-19 Rp40 ribu. Ini memberatkan. Kalau satu orang iya cuma Rp40 ribu. Tetapi kalau bawa keluarga empat atau lima orang, tentu sangat memberatkan,” kata Mas Julianto ditemui di Pelabuhan Merak, kemarin. 

Julianto menjelaskan, harga tes GeNose Covid-19 lebih mahal dibandingkan harga tiket kapal. Ia membeli tiket kapal untuk menyeberang hanya Rp25 ribu. Ia berharap, kebijakan tersebut tidak terus-terusan diberlakukan di penyeberangan Merak-Bakauheni. 

“Bagi penyeberang seperti saya yang sering bolak-balik, cukup memberatkan,” tuturnya.

Mas Julianto pulang ke Lampung karena pekerjaannya di Cikande sudah selesai. Ia bergegas berangkat sebelum adanya larangan mudik pada 6 Mei mendatang. 

“Begitu kerjaan selesai, saya buru-buru mudik,” katanya. 

Penyeberang lain, Anto mendukung penerapan tes GeNose sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Namun ia berharap agar biaya tes GeNose Covid-19 tidak terlalu tinggi dan diberikan sosialisasi terlebih dahulu. “Sebaiknya disosialisasi lebih masif lagi,” cetusnya. 

Baca juga

ASDP Hentikan Penjualan Tiket Kapal di Pelabuhan Merak pada 6-17 Mei

Kepala KKP Banten Sedya Dwisangka mengatakan, tujuan GeNose Ccovid-19 sebagai screening Covid-19. Jika negatif diperbolehkan menyeberang dan jika positif akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

“Itu yang menjalankan GeNose Covid-19 dari ASDP. Kita sifatnya hanya validasi saja, jika positif kita setop, jika negatif silakan menyeberang,” terangnya. 

Pengetatan perjalanan, kata Sedya, telah diatur oleh Satgas Covid-19. “Pembelian tiket wajib menyertakan hasil tes Covid-19,” jelasnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp