DaerahKota Cilegon

Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak, Rapid Antigen Secara Acak Diberlakukan

CILEGON, BANTEN RAYA- Arus mudik Natal dan tahun baru (Nataru) 2020-2021 di Pelabuhan Merak diprediksi akan mengalami puncaknya pada Kamis (24/12/2020). Berbagai skema antisipasi kemacetan telah disiapkan oleh pihak kepolisian.

General Manajer PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Hasan Lessy mengatakan, puncak arus mudik nataru tahun ini diprediksi akan mengalami kenaikan pada Rabu (23/12/2020) malam dan puncaknya akan terjadi pasa Kamis (24/12/2020) mulai dinihari sampai siang hari. “Prediksi puncak arus mudik tersebut, lantaran Rabu ini hari terakhir kerja sebelum libur Natal 2020,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rata-rata kendaraan per hari yang menyeberang sekitar 3.000 sampai 5.000 kendaraan, pada masa libur Nataru diprediksi kenaikan mencapai 16 persen. “Kalau dibanding nataru tahun lalu prediksinya turun, tetapi kalau dibadingkan hàri biasa pasti naik,” tururnya.

Meski puncak mudik diprediksi terjadi besok, kata dia, peningkatan kendaraan yang menyeberang sudah terlihat sejak akhir pekan lalu. “Kami ada tujuh pasang dermaga dan 62 kapal. Mudah-mudahan cuaca bisa normal. Jika cuaca normal jumlah kapal dan dermaga segitu masih mencukupi. Kapasitas maksimal lahan parkir di Pelabuhan Merak 3.000 kendaraan,” katanya. 

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai skema antisipasi kemacetan di sekitar Pelabuhan Merak. Jika ekor kemacetan sudah keluar area pelabuhan, pihaknya menyiapkan sistem satu arah  Jalan Cikuasa Atas. 

“Jadi Cikuasa Atas sampai depan Hotel Sonny Merak kita siapkan untuk one way ke arah Pelabuhan Merak. Setelah di area pelabuhan kembali ada ruang untuk kendaraan, nanti kendaraan ditarik ke pelabuhan. Sementara Cikuasa Bawah untuk arus dari Pelabuhan Merak ke Cilegon dan aktivitas masyarakat sekitar Merak,” terangnya.

Ali menjelaskan, sistem one way di Cikuasa Atas sudah diterapkan pada akhir pekan lalu. Arus pergerakan kendaraan menuju ke Sumatera pada akhir pekan lalu, bahkan sampai 10.000 unit pada Sabtu (19/12/2020). “Itu kemungkinan karena pembagian rapor siswa sekolah sudah dilakukan. Jadi akhir pekan lalu banyak yang mudik ke Sumatera,” terangnya. 

Ia menambahkan, jika kemacetan terjadi hingga ke Tol Tangerang-Merak, maka kendali pengaturan lalu lintas dilakukan oleh Ditlantas Polda Banten. “Ketika kemacetan masih sampai Cikuasa nanti kendali dari Polres Cilegon. Kalau sampai ke Tol Tangerang-Merak kendali pengaturan lalu lintas ada di Ditlantas Polda Banten,” imbuhnya. 

Lebih lanjut dipaparkan Ali, penyeberang di Pelabuhan Merak juga akan dilakukan rapid tes antigen secara acak oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten. “Kami selalu mengimbau warga untuk menunda mudik dulu karena masih pandemi korona,” pintanya. (gillang) 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: