DaerahKota Cilegon
Trending

Buruh di Cilegon Minta THR Jangan Dicicil, Apalagi Sampai Dipotong

CILEGON, BANTEN RAYA – Buruh di Kota Cilegon meminta kepada perusahaan untuk tidak mencicil pembayaran tunjangan hari raya (THR) tahun ini. Selain itu mereka juga berharap agar hak tahunan itu bisa dibayar secara penuh tanpa potongan sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Ketua Serikat Buruh Kota Cilegon Rudi Sahrudin menjelaskan, THR merupakan hak buruh yang harus diberikan oleh pihak perusahaan.

“Covid jangan jadi alasan perusahaan agar tidak memberikan THR, jangan juga dicicil apalagi dipotong,” ujar Rudi, Senin (19/4/2021).

Ia melanjutkan, serikat akan mengawal perusahaan untuk memastikan semua buruh bisa menerima haknya. Serikat juga meminta kepada Pemkot Cilegon melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon untuk ikut mengawal dan mengawasi perusahaan.

“Kalau ada perusahaan yang tidak membayar THR atau memotong THR, tindak tegas,” ujarnya.

Meski di Cilegon sampai saat ini belum ditemukan perusahan membayar THR dengan cara dicicil maupun dipotong, ia berharap, agar tahun ini perusahan tetap membayar THR secara utuh. 

“Tahun lalu memang perusahaan di Cilegon aman belum ada memotong dan mencicil pembayaran THR. Tetap tahun ini kami minta pembayaran THR dibayar full tidak ada pemotongan dan dicicil,” tegasnya. 

Baca juga

Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Banten Siap Bayar Penuh THR

Waktu pembayaran THR juga diminta sesuai dengan aturan yang ada. Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016, THR paling lambat dibayarkan tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. 

“Saat pandemi, THR jadi andalan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hari raya,” ujarnya. (bam)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp