Kota Cilegon
Trending

Cabai Rawit Merah Seharga Daging

CILEGON, BANTEN RAYA – Harga cabai rawit merah di Pasar Baru Kranggot, Kota Cilegon mencapai Rp120 ribu per kilogram. Harga tersebut setara dengan harga daging sapi murni.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Baru Kranggot Aceng Syarifudin mengatakan, mahalnya harga cabai karena pasokan langka dan kebutuhan banyak. Pasokan langka, kata Aceng, karena pekan lalu Jakarta dan sebagian Jawa Barat yang merupakan pemasok terkena banjir, sehingga diduga akses pasokan terputus.

“Banyak faktor, seperti cuaca bencana alam dan lainnya membuat harga mahal. Bahkan, sekarang sama dengan harga daging Rp120 ribu,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/3).

Sebelumnya, papar Aceng, harga cabai rawit merah hanya mencapai Rp100 ribu per kilogram. Selain itu, beberapa jenis cabai seperti cabai hijau juga naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu pee kilogram, dan cabai rawit hijau sebelumnya Rp60 ribu naik menjadi Rp70 ribu per kilogram.

“Beberapa naik, hampir sepekan ini menjadi naik. Namun, untuk harga lainnya masih stabil,” imbuhnya.

Kepala UPT Pasar Blok F Dani Rahmat, juga mengungkapkan, harga cabai rawit merah di tempatnya bisa melebihi harga dari Pasar Kranggot. Hal itu karena barang yang dijual di Pasar Blok F dibeli dari Pasar Baru Kranggot.

“Pekan lalu saja di sini dari Rp110 ribu sampai Rp130 ribu. Bisa jadi sekarang bisa lebih tinggi dari Pasar Kranggot yang mencapai Rp120 ribu per kilo,” ungkapnya.

Dani membenarkan, jika faktor cuaca dan bencana alam menjadi salah satu faktor yang membuat pasokan menjadi kurang.

“Kebutuhan masih banyak dan pasokan kurang. Karena mahal maka para pedagang juga membelinya terbatas,” imbuhnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp